Putus Mata Ratai COVID-19, Perperhu Terapkan Tes Rapid Antigen Bioscience Pengunjung RHU

loading...
Putus Mata Ratai COVID-19, Perperhu Terapkan Tes Rapid Antigen Bioscience Pengunjung RHU
Pengunjung Buro Beer Garden di tes rapid anti gen Bioscience, Kamis (04/3/2021). Foto/SINDONews/Ali Masduki
SURABAYA - Perkumpulan Pekerja Rumah Hiburan Umum (Perperhu) Jawa Timur melakukan uji tes rapid antigen Bioscience terhadap para pengunjung RHU. Salah satunya, di lokasi Buro Beer Garden di kawasan Jalan Sumatera Surabaya, Kamis (04/3/2021).

Lokasi RHU yang kini telah berijin restoran ini menjadi percontohan dalam upaya menekan klaster baru penyebaran COVID-19. Sejak sore pemeriksaan dengan menggunakan sample air liur ini dilakukan.

Tak memerlukan waktu lama dalam proses pengecekan. Hanya berselang lima menit hasil tes sudah dapat diketahui dan dilakukan pendataan. "Jika hasilnya diketahui positif maka tidak diperbolehkan masuk kedalam," kata Pengurus Perperhu Jawa Timur, John Suy.

Baca juga: Warkop Plus Esek-esek di Gresik Digerebek, Empat Wanita Pemuas Diamankan

Ia menjelaskan, dari hasil pengecekan ini dapat diketahui bahwa setiap pengunjung yang masuk kedalam kafe benar-benar steril dan tidak terpapar COVID-19.



Pria yang juga General Manager salah satu RHU di Surabaya ini menuturkan, uji coba tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah adanya klaster baru. Buro menjadi lokasi percontohan lantaran lokasi tersebut telah menjadi pilot project RHU yang telah memenuhi standar protokol Kesehatan (Prokes).

Kegiatan tersebut sekaligus sebagai salah satu langkah kongkrit dari RHU dalam mentaati aturan pemerintah. Sehingga, RHU yang telah sesuai standar prokes mendapat kelonggaran. Baik jam operasional maupun pembatasan jumlah pengunjung.

Baca juga: Suara Hati Istri Terdakwa Salah Transfer BCA: Buat Kebutuhan Sehari-hari Dibantu Tetangga

"Harapan kami seperti itu. Jika RHU di Jatim menginginkan adanya tes, kami siap berkoordinasi dan memfasilitasi secara mandiri," imbuhnya.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari anggota komisi B DPRD Surabaya, John Thamrun. Politisi PDI Perjuangan ini secara tidak sengaja mendatangi lokasi tersebut dan melihat dari dekat adanya tes yang dilakukan.



JT – sapaan John Thamrun – menerangkan, upaya ini patut dicontoh. Khususnya dalam Kembali menggeliatkan perekonomian sekaligus menekan angka pengangguran. "Kalau sudah memenuhi standar prokes kan tidak perlu ada razia. Pengangguran juga bisa ditekan," pungkas politisi berlatar belakang pengacara ini.
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top