Pengedar Narkoba Jenis Tembakau Gorila di Batang Sasar Anak-anak dan Remaja

loading...
Pengedar Narkoba Jenis Tembakau Gorila di Batang Sasar Anak-anak dan Remaja
Pengedar Narkoba Jenis Tembakau Gorila di Batang Sasar Anak-anak dan Remaja. Foto/Suryono Sukarno
BATANG - Pengedar narkoba di Kabupaten Batang kini semakin berani dengan menyasar anak-anak dan remaja. Narkoba jenis tembakau gorila tersebut dijual dengan harga yang cukup murah.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah Brigjen Pol Benny Gunawan mengatakan, pengedar narkoba jenis tembakau gorila sasarannya anak-anak dan remaja usia 17 sampai 21 tahun.

Setelah dilakukan uji laboratorium, tembakau gorila tersebut merupakan Narkotika Golongan I jenis MDMB-4en PINACA yang mempunyai efek 4 kali lebih berat dibanding ganja.

"Tembakau gorila itu dijual eceran dengan harga Rp50 Ribu sampai Rp 100 Ribu," tuturnya, Rabu (3/3/2021)

Pengungkapan kasus tersebut berawal dari informasi dari Kanwil Bea dan Cukai Jateng & DIY. Bahwa akan ada paket diduga narkotika jenis tembakau gorila yang akan dikirim ke Wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah.



Seseorang yang dicurigai datang mengambil paket diketahui berinisial AAK (24 tahun) karyawan swasta warga Batang langsung diamankan.

"AAK merupakan pengedar narkotika jenis tembakau gorila yang beroperasi di wilayah Batang, AAK sudah setahun beroperasi menjalani profesinya tersebut," ujarnya.

Setelah dilakukan penggeledahan, dari AAK diamankan 2 buah paket yang setelah dibuka berisi narkotika jenis tembakau gorila.

Baca juga: Lepas Kendali, Truk Dump Hantam Atap Rumah, 1 Orang Meninggal

Untuk mengelabuhi petugas, paket-paket narkoba tersebut disamarkan dan dicampur dengan pakaian dan sepatu bekas. Dari 4 buah paket tersebut berisi narkotika jenis Tembakau Gorila seberat 58,86 Gram (bruto).



"AAK dikenakan Undang-undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Pasal 114 (Primer), 112 (Subsider) Junto Peraturan Menteri Kesehatan No. 4 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Penggolongan Narkotika," pungkasnya.

Baca juga: Aniaya Anak di Bawah Umur, Polres Pemalang Amankan 5 Anak Jalanan

Bupati Batang Wihaji menyebutkan, mengapresiasi BNN Jawa Tengah yang mengungkap peredaran narkoba di Batang dan Jawa Tengah pada umumnya.

"Kami mengapresiasi penangkapan tersangka pengedar narkoba tersebut. Kedepan kita terus akan bersinergi untuk memberantas peredaran Narkoba di wilayah Batang," jelas Wihaji.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top