Cegah Narkoba Dikendali Lapas, Petugas Amankan Puluhan Ponsel Warga Binaan

Kamis, 25 Februari 2021 - 16:24 WIB
loading...
Cegah Narkoba Dikendali Lapas, Petugas Amankan Puluhan Ponsel Warga Binaan
Puluhan ponsel yang berhasil diamankan petugas dalam razia di kamar hunian warga binaan Lapas Kelas II Banceuy, Kamis (25/2/2021). Istimewa
A A A
BANDUNG - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy menggelar kegiatan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian di masyarakat, khususnya terkait peredaran gelap narkoba yang diduga dikendalikan warga binaan dari balik penjara.

Upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban itu digelar Satuan Tugas Merah Putih Satopspatnal Lapas Kelas IIA Banceuy dan dipimpin langsung Kepala Lapas II Banceuy, Tri Saptono Sambudji, Kamis (25/2/2020).

Menurut dia, razia yang digelar di belasan unit kamar hunian warga binaan pemasyarakatan di Blok Bromo mulai kamar 13 sampai dengan kamar 24 itu dilakukan oleh petugas secara profesional dan independen tanpa intervensi serta pertimbangan dari pihak manapun.

Bahkan, kata dia, kegiatan ini bersifat mendadak dan rahasia. Meski begitu, Saptono meyakinkan bahwa pihaknya tetap mengedepankan norma kemanusiaan terhadap warga binaan dalam razia tersebut.

Berdasarkan hasil razia di lapas khusus napi narkoba tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 51 ponsel terdiri dari 41 ponsel android, 10 ponsel seri lama, 8 buah power bank, satu buah penanak nasi, satu buah kompor listrik, pemanasan air, vape, speaker, earphone, perangkat charger, hingga komponen jaringan instalasi listrik. "Ada sebagian warga binaan yang kita amankan dalam rangka tes urin juga," kata dia.

Saptono menambahkan, kegiatan razia ini pun merupakan agenda Lapas Kelas IIA Banceuy dalam rangka mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tahun 2021 ini.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0861 seconds (0.1#10.140)