Terima Dana, Berarti Siap Berkebun

Senin, 18 Mei 2020 - 15:06 WIB
loading...
Terima Dana, Berarti Siap Berkebun
Bupati Jayapura saat memberikan bantuan ketehanan pangan kepada para kepala kampung di Distrik Sentani Timur.
A A A
SENTANI - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menegaskan, bantuan Alokasi Dana Kampung (ADK) Rp100 juta yang telah diterima hingga saat ini mencapai 93 kampung dari 139 kampung di Kabupaten Jayapura. Ini pertanda bahwa masyarakat siap untuk berkebun dan mengolah Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki. “Makan makanan yang serba instant juga tidak sehat,” ujar Bupati Awoitauw di Kampung Harapan Distrik Sentani Timur, Jumat (15/5/2020).

Dikatakan, sembako yang selama ini dibagikan kepada masyarakat dari kampung ke kampung, adalah bahan produksi yang dibeli di toko dan semuanya memiliki masa berlaku dan bisa kadarluarsa. “Dengan kembali ke kebun, maka semua pihak, baik pemerintah daerah, swasta dan masyarakat umum akan membeli dari hasil kebun yang kita kelola. Kedepannya harus seperti itu,” jelas Mathius.

Kepala kampung kata Bupati Awoitauw, harus memberikan sosialisasi, edukasi yang benar dan jelas kepada masyarakatnya terkait proses penanganan Covid-19 yang saat ini sedang dilakukan secara bersama, baik kabupaten, distrik hingga ke kampung-kampung.

“Sembako dan bantuan-bantuan yang diterima selama ini bukan segalanya bagi masyarakat pemilik hak ulayat di sini, harus kembali kepada jati diri kita, mengelolah hutan, dusun, danau yang sudah Tuhan sediakan sejak beribu-ribu tahun yang lalu,” ucapnya.

Bupati dua periode ini berharap agar masyarakat kembali ke kebun merupakan satu gerakan besar yang dilakukan secara bersama-sama di Kabupaten Jayapura. Dari timur sampai ke barat, dari darat hingga ke pesisir pantai. “Wabah Covid-19 ini kita belum tahu kapan akan berakhir, oleh sebab itu, gerakan berkebun saat ini menjadi pihan utama bagi kita,” pungkasnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)