Imbas Banjir Jakarta Ganggu Layanan Layanan Kereta Api Jarak Jauh

Senin, 22 Februari 2021 - 00:15 WIB
loading...
Imbas Banjir Jakarta Ganggu Layanan Layanan Kereta Api Jarak Jauh
ilustrasi
A A A
YOGYAKARTA - Banjir yang terjadi di Jakarta juga berimbas pada perjalanan kereta jarak jauh. Beberapa jadwal keberangkatan kereta api terpaksa dibatalkan dan dialihkan akibat bencana banjir tersebut

Manajer Humas KAI Daop VI Yogyakarta Supriyanto mengatakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api imbas dari banjir di wilayah Jakarta akibat tingginya curah hujan pada Minggu (21/2/21).

Baca juga: Di Tengah Kepungan Banjir, Sabhara Polres Pekalongan Kota Berjibaku Evakuasi Lansia

“Kami atas nama Manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang menggenangi jalur kereta api lintas Kedunggedeh - Lemahabang, Kab. Bekasi,” terangnya dalam release yang diterima MNC Portal Indonesia Minggu (21/2/2021).

Dijelaskannya, jalur kereta api lintas Kedunggedeh - Lemahabang tepatnya pada km 55+100 sampai dengan km 54+500 hingga pagi ini pukul 09.00 masih terendam banjir. Banjir yang merendam sejumlah ruas jalur rel tersebut merupakan dampak dari meningkatnya debit aliran sungai dari Bendungan Kamojing, Pupukujang, dan Walahar.

Baca juga: Merapi 21 Kali Keluarkan Lava Pijar, Ada Luncuran Baru Menuju Kali Sat

"Untuk sementara waktu lokasi tersebut belum dapat dilalui kereta api. Terdapat KA yang perjalanannya dibatalkan, serta perjalanan yang dialihkan menggunakan bus dan selanjutnya menggunakan kereta api dari stasiun Cikampek menuju kota-kota tujuan," katanya.

Dengan hal ini perjalanan jarak jauh pada hari ini (21/2/2021) Untuk keberangkatan di stasiun pasar senen dibatalkan. Sedangkan untuk Stasiun Gambir,Keberangkatan di alihkan dari Stasiun Cikampek yang terdiri dari KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi, Plb 10A Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan serta Plb 291A (Bengawan) kembali ke Purwosari sbg Plb 292A (Bengawan).

"Kemudian satu perjalanan yaitu KA 38 Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung dibatalkan. PT KAI memohon maaf kepada seluruh pengguna jasa yang terdampak pembatalan perjalanan. Upaya untuk tetap dapat memaksimalkan pelayanan yang terdampak banjir akan terus dilakukan, baik dari sisi operasional KA dan penanganan prasarana jalur KA, "lanjut dia.

Supriyanto melanjutkan, kereta api yang tetap diberangkatkan dari Stasiun Cikampek merupakan perjalanan KA dengan jadwal yang masih memungkinkan untuk tetap diupayakan operasionalnya. Penumpang pada kereta api tersebut diberangkatkan menggunakan Bus menuju Stasiun Cikampek dan selanjutnya melanjutkan Perjalanan menggunakan jasa KA.

Para pelanggan yang terdampak telah kami hubungi seluruhnya, untuk menginformasikan terkait kondisi terbaru terkait perjalanan KA-nya. Info selengkapnya terkait perjalanan KA, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. “Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta api,” pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1558 seconds (0.1#10.140)