Longsor di Areal PJT 2 Jatiluhur Purwakarta, Jalan Terputus, Gedung Arsip Rusak

Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:26 WIB
loading...
Longsor di Areal PJT 2 Jatiluhur Purwakarta, Jalan Terputus, Gedung Arsip Rusak
Gedung arsip milik PJT 2 Jatiluhur tampak rusak setelah tertimpa tanah longsor dan pohon tumbang. (Foto: Istimewa)
A A A
PURWAKARTA - Tebing yang longsor di areal Perum Jasa Tirta 2, Purwakarta, mengakibatkan jalan dari Kampung Cilulumpang menuju Kantor PLTA Jatiluhur, Purwakarta, tertutup total. Selain itu gedung arsip milik PJT 2 pun mengalami kerusakan cukup parah.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun MNC Portal Indonesia, longsor yang terjadi di Kampung Cilulumpang, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur itu pada Sabtu (20/2/2021) sekitar pukul 09.00 WIB telah menutup jalan dari Kampung Cilulumpang menuju areal Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) PJT 2. Baca Juga: Material Longsor Putus Jalan Utama Desa Kaleok Polman

Begitu pula aliran listrik di areal PJT 2 sempat dimatikan untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat sejumlah tiang listrik yang ikut roboh. Aparat keamanan setempat langsung melaporkan kejadian itu dan mengevakuasi sejumlah warga di Blok D Perumahan PJT 2 Jatiluhur. "Kami mengungsi dulu ke tempat lebih aman," kata Arifin, warga setempat.

Sementara itu, Humas PJT 2 Jatiluhur, Susilo Sumoatmojo mengatakan, hujan deras yang mengguyur telah menyebabkan sebuah tebing longsor. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana alam itu. Baca juga: Longsor Tutup Jalan Poros Antar Kecamatan di Kapalapitu Toraja

"Aliran listrik dari PJT 2 ke permukiman tadi sempat dimatikan. Sementara ini kami juga langsung melakukan penanganan di lokasi longsoran," kata Susilo melalui saluran telepon seraya menyebutkan tim dari PJT 2 sedang memantau debit air Sungai Cibeet Karawang.

Sebelumnya, warga setempat sempat mendengar suara gemuruh dan ledakan pada saat longsor terjadi. Warga pun kemudian berhamburan keluar rumah untuk memastikan sumber suara itu. Ternyata tebing yang dekat permukiman mereka telah longsor.

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)