Angkutan Air Diminta Utamakan Keselamatan Penumpang

Sabtu, 20 Februari 2021 - 15:12 WIB
loading...
Angkutan Air Diminta Utamakan Keselamatan Penumpang
Longboat masih menjadi salah satu akses transportasi utama jalur air yang dipergunakan oleh masyarakat Kabupaten Seruyan untuk bepergian. Foto SINDOnews
A A A
KUALA PEMBUANG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan, Kalteng mengimbau kepada seluruh penyedia jasa angkutan air khususnya di Seruyan yang biasa dikenal dengan sebutan Longboat agar bisa mengutamakan keselamatan para penumpangnya.

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun mengatakan, jasa angkutan sungai sendiri masih terbilang banyak digemari oleh sejumlah masyarakat, khususnya yang hendak bepergian ke tempat yang memang berada di daerah bantaran sungai Seruyan.

Digemarinya jasa angkutan sungai tersebut tentunya bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan sebagian masyarakat juga memperhatikan jarak tempuh perjalanan yang relatif lebih cepat dan juga harga tiket yang terbilang lebih murah. Baca juga:
Atasi Kenaikan Biaya Kargo, Proses Bongkar Muat Petikemas Dipercepat

"Seiring dengan hal tersebut, saya mengimbau kepada penyedia jasa angkutan sungai atau air khususnya untuk Longboat agar bisa mengutamakan keselamatan penumpang dan alat-alat penunjang keselamatan yang ada di transportasi tersebut wajib untuk diperhatikan," katanya, Sabtu 20 Febuari 2021.

Disamping itu, hal ini juga tidak terlepas dari adanya beberapa daerah yang tidak bisa diakses melalui jalur darat, sehingga jasa angkutan sungai menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang bepergian baik itu dari daerah hulu menuju hilir maupun sebaliknya.

Terlebih bilamana hari-hari libur besar tiba, seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri jasa angkutan sungai sangat digemari masyarakat yang tinggal di wilayah bantaran sungai Seruyan karena pertimbangan beberapa faktor tersebut. "Faktor keselamatan harus diutamakan, seperti alat-alatnya dan jangan sampai muatan melebihi kapasitas," sarannya. (Sigit Dzakwan)
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2211 seconds (0.1#10.140)