Pelajar SMA asal Lahat Pembobol Situs Kejagung Tak Diproses Hukum

loading...
Pelajar SMA asal Lahat Pembobol Situs Kejagung Tak Diproses Hukum
MFW (16) pelajar SMA asal Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan yang melakukan peretasan situs kejaksaan.go.id tak diproses hukum karena masih di bawah umur. Foto/Ist
LAHAT - MFW (16) pelajar SMA asal Lahat , Sumsel yang menghebohkan masyarakat lantaran melakukan peretasan situs kejaksaan.go.id telah diamankan tim Kejaksaan Negeri Lahat dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan.

Baca juga: Kejaksaan Agung Telusuri Dugaan Peretasan Databasenya

Selanjutnya MFW yang masih di bawah umur bersama orangtuanya telah dibawa ke Kejaksaan Agung (Kejagung) guna pemeriksaan lebih lanjut pada Kamis 18 Februari 2021.

Baca juga: Database Diretas, Kejaksaan Agung Langsung Ganti Password

"Iya yang bersangkutan telah kami amankan di rumahnya, berdasarkan informasi dari Jajaran Intelijen Kejagung dan Intelijen Kejati Sumsel," kata Kajari Lahat, Fithrah saat dikonfirmasi, Sabtu (20/2/2021).



Diketahui MFW merupakan pelajar di salah satu SMA di Kota Palembang, Sumsel. Namun karena pandemi COVID-19 yang bersangkutan pulang ke Lahat . "Dia sekolah di Palembang. Namun sejak pandemi sekolah daring di rumah," jelasnya.

Sementara, Kejagung tak melakukan proses hukum terhadap MFW. "Yang bersangkutan masih berusia 16 tahun dan masih bersekolah," kata Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam konferensi pers di Gedung Kejagung, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Tetapi lantaran masih di bawah umur, Kejagung tak melakukan proses hukum kepada pelaku itu. Alasannya, masih dibawah umur dan telah berjanji tidak mengulangi perbuatannya lagi.



"Dan orang tua yang bersangkutan ada di sebelah kiri kami juga telah membuat surat pernyataan yang secara langsung akan mendidik, mengontrol anak yang bersangkutan untuk tidak melakukan perbuatan peretasan sebagaimana yang terjadi," katanya.

Sebelumnya, Kejagung menelusuri atas dugaan adanya peretasan database Kejagung yang tersebar di dunia maya. Database tersebut pun telah diunggah pada kehttps://raidforums.com/. Peretas mengatasnamakan dirinya Gh05t666nero.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top