Pangdam V Brawijaya Apresiasi Desa Zona Hijau COVID-19 di Gresik

Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:44 WIB
loading...
Pangdam V Brawijaya Apresiasi Desa Zona Hijau COVID-19 di Gresik
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto saat meninjau Desa Sukorejo, Kecamatan Kebomas bersama Forkopimda Gresik. Foto/SINDOnews/ashadi ik
A A A
GRESIK - Pelaksanaan PPKM Mikro berbasis desa di Kabupaten Gresik dinilai berhasil. Dari 365 desa, ada 267 desa zona hijau. Ini terungkap saat Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto kunjungan ke Sukorejo, Kebomas, Jumat (19/2/2021).

Pangdam meminta desa yang masuk zona hijau terus dipertahankan. “Tidak boleh abai protokol kesehatan dan tidak menganggap anteng,” katanya.

Suharyanto mengatakan, daerah zona hijau harus tetap disiplin dan patuh protokol kesehatan. Para pendatang yang baru masuk desa harus dilakukan pengecekan maupun identitas."Saya merasa senang bangga, pelaksanaan PPKM Mikro berjalan dengan baik asal tetap dipertahankan jangan sampai ada lagi yang positif," ujarnya.

Baca juga: Tersengat Tawon Madu Klanceng, Ribuan Anggota Koperasi Lapor Polda dan BI Kediri

Ditambahkan, selama PPKM mikro pada hari ke-10 ini mampu menekan angka persebaran COVID-19. Dibandingkan sebelum PPKM hampir 1.000 sebaran setiap hari. Saat ini penyebaran dapat ditekan separuhnya, sekitar 600 orang perhari.

Zona merah di Jawa Timur hanya Kabupaten Jombang saja. Kabupaten Gresik masuk dalam zona oranye meskipun di wilayah Rukun Tetangga (RT) masuk dalam kategori zona hijau dan kuning. "Sebaran COVID-19 di Gresik menurun menjadi 15 sampai 20 kasus perhari. Menjadi catatan, jangan terus berpuas diri," ungkapnya.

Dandim 0817 Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail mengatakan dari 356 desa atau kelurahan di Gresik sudah siap menerapkan PPKM Mikro. Mulai di wilayah Gresik daratan maupun di Kepulauan Bawean. "Mencontoh dari yang diterapkan di posko Desa Sukorejo ini," imbuhnya.

Baca juga: Jalani Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua, Kapolda Jatim : Vaksin Ini Aman

Sementara Plh Bupati Gresik, Abimanyu Ponco Atmojo menerangkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Gresik sebanyak 5.042. Yang sedang menjalani isolasi sebanyak146 pasien dan angka kesembuhan sebesar 4.558. Jumlah pasien covid-19 yang meninggal sebanyak 338.

"Penurunan dari PPKM Mikro sebanyak 65 persen sampai minggu kedua ini. Dari 89 desa ada 134 rumah tangga masuk zona kuning, 267 desa zona hijau termasuk desa Sukorejo," tutupnya.

Diketahui, kedatangan Mayjen TNI Suharyanto disambut oleh Plh Bupati Gresik, Abimanyu Ponco Atmojo bersama Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817/Gresik, Letkol Inf Taufik Ismail dan Kepala Desa Sukorejo, Fathkur Rohman.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)