Angkat Kesetaraan Gender, Kartunis Semarang Raih Penghargaan dari Turki

Selasa, 16 Februari 2021 - 20:41 WIB
loading...
A A A
"Karya ini terinspirasi dari fenomena sosial di sekitar. Masih ada perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan. Terutama di dunia pendidikan," kata mahasiswa Pengembangan Kurikulum Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes) itu.

Abdul menyebut, meskipun kebijakan nasional Indonesia mengedepankan pengarusutamaan gender, masih ada di tengah masyarakat yang tidak searah. Fakta yang tak bisa ia tampik adalah adanya stereotip masyarakat tentang gender. "Misalnya buat apa perempuan sekolah tinggi-tinggi. Dan masih banyak lainnya," katanya.

Penghargaan yang diraih Abdul kali ini menambahkan koleksi prestasi yang ia terima sebagai kartunis muda. Sebelumnya dia telah meraih sejumlah penghargaan kartun tingkat internasional. Di antaranya Appreciation Awards of the 3rd International Cartoon Competition BEAVERS LAUGH 2019, Ukraine.

Third place International Art & Design Competition 2019, Italy. Finalist World Press Cartoon 2019, Caldas da Rainha, Portugal. Excellence Award The International Environmental Protection Comics & Illustrator Contest 2017, China. Dan First Prize The 5th Kalder Bursa International Cartoon Competition, Turkey. "Semoga ini memotivasi saya untuk lebih giat berkarya," katanya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2733 seconds (0.1#10.140)