Pelaku Usaha Kecil di Gresik Ini Sukses Kembangkan Usaha di Masa Pandemi

Jum'at, 05 Februari 2021 - 16:30 WIB
loading...
Pelaku Usaha Kecil di Gresik Ini Sukses Kembangkan Usaha di Masa Pandemi
Pemilik Ramli Collection Muhammad Jefri. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 berdampak pada hampir seluruh sektor usaha, termasuk bisnis dari pelaku UMKM. Kondisi ini mengharuskan UMKM untuk melakukan inovasi agar bisa bertahan bahkan berkembang.

Salah satunya UMKM mitra binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), Ramli Collection yang memproduksi baju koko dan peci yang berada di Jalan Sindujoyo Gresik.

Pemilik Ramli Collection Muhammad Jefri mengatakan, pandemi COVID-19 sangat memukul usahanya. Permintaan baju koko dan peci menurun. Namun, hal itu tidak menjadi penghalang untuk terus meningkatkan usahanya.

Dia semakin terpacu untuk melakukan inovasi dengan menghadirkan produk baru. Salah satunya, peci dengan lampu LED untuk anak-anak. "Hadirnya produk baru ini disambut baik oleh pasar karena produk ini baru pertama di Indonesia," katanya, Jumat (5/2/2021).

Selain peci dengan lampu LED, lanjut dia, baju koko diproduksi juga menyesuaikan model kekinian yang digemari oleh milenial. Promosi digencarkan dan belanja bisa secara online. Konsumen cukup mendownload aplikasi Ramli Collection melalui handphone.

"Kami mengharapkan dukungan pemerintah dan instansi lain agar para pelaku UMKM tetap bisa bertahan seperti usaha yang saya geluti," ujarnya.

Baca juga: Kunjungi Korban Banjir di Pasuruan, Gubernur Jatim Khofifah Siapkan Bantuan dan Konseling

Ramli Collection merupakan usaha keluarga yang dirintis sejak tahun 1975. Ramli Collection memproduksi baju koko dan peci. Bermula dari industri rumahan, kini berkembang dan memiliki workshop untuk produksi.

Ramli Collection juga memiliki beberapa toko di Jakarta, Surabaya, Malang, Madura, Sidoarjo, Jember dan beberapa kota di Sumatera. "Ramli Collection menjadi mitra binaan SIG sejak tahun 2018. Selama menjadi mitra, Ramli Collection sudah diajak mengikuti pameran sebanyak tiga kali," ungkap Jefri.

Baca juga: Ratusan Personel Polisi di Jawa Timur Lakukan Donor Plasma Konvaselen

Sementara itu, General Manager of CSR SIG, Edy Saraya mengatakan, UMKM merupakan usaha berbasis ekonomi masyarakat yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Pihaknya terus berupaya untuk mendorong UMKM mitra binaan, untuk bertahan bahkan berkembang di masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Salah satunya dengan melakukan inovasi produk serta memberikan kemudahan bertransaksi bagi konsumennya," katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1021 seconds (0.1#10.140)