Masjid Nabawi Versi Lokal Bakal Dibangun di Indramayu

Jum'at, 05 Februari 2021 - 08:55 WIB
loading...
Masjid Nabawi Versi Lokal Bakal Dibangun di Indramayu
Masjid Nabawi.Foto/Dok Sindonews
A A A
BANDUNG - Pemerintah akan membangun masjid dengan desain ala Masjid Nabawi di Asrama Haji Indramayu, Jawa Barat. Pembangunan masjid ini merupakan bagian dari proyek revitalisasi Asrama Haji Indramayu menjadi pusat wisata religi. Selain "Masjid Nabawi", di kawasan Asrama Haji bakal dibangun pula museum haji dan rumah sakit.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Oman Fathurahman mengungkapkan, desain eksterior dan interior gedung di asrama haji memadukan unsur Islam dan kearifan lokal. "Desain bangunan masjid akan dibuat layaknya miniatur Masjid Nabawi, plus motif budaya Jawa Barat," ujar Oman dilansir kemenag.go.id dikutip MNC Portal Indonesia, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Kematian Bayi Saat Pandemi COVID-19 di Cimahi 69 Kasus, Kebanyakan Asfiksia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, lanjut Oman, sudah menyatakan kesediaannya untuk terlibat dalam pembuatan desain masjid ini. Seperti diketahui, Ridwan Kamil telah menjadi arsitek sejumlah masjid dan museum monumental di Indonesia.

"Paduan unsur Islam dan motif budaya Jawa Barat di masjid ini pun ide dari Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil)," terang Oman.

Menurut dia, Ridwan Kamil memang banyak memberikan masukan terkait desain bangunan Asrama Haji Indramayu dalam pertemuan mereka di Bandung pada Kamis (4/2/2021). Pemerintah Jabar bahkan sudah memberikan bantuan dana terkait pembangunan masjid tersebut.

Baca juga: Tangis Pecah Saat Empat Jenazah Sekeluarga Korban Pembunuhan Rembang Dimakamkan

Oman mengungkapkan, setidaknya ada empat fungsi Asrama Haji Indramayu di masa mendatang. Pertama, pelayanan jamaah haji dan umrah. kedua, fungsi sosial untui berbagai kegiatan masyarakat. Ketiga, fungsi edukasi. Dan keempat, fungsi ekonomi.

"Ketika fungsi-fungsi asrama haji ini berjalan, otomatis perekonomian masyarakat di Indramayu dan sekitarnya semakin meningkat," jelas Oman.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)