Dilatih Khusus, Satgas Yonif 315/Garuda Siap Diterjunkan ke Papua

Senin, 01 Februari 2021 - 21:26 WIB
loading...
Dilatih Khusus, Satgas Yonif 315/Garuda Siap Diterjunkan ke Papua
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo meninjau latihan menembak yang dilaksakan personel Yonif 315/Garuda di Ciptata, Kabupaten Bandung Barat. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG BARAT - Satuan Tugas (Satgas) Pemukul Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda siap diberangkatkan ke perbatasan Indonesia-Papua Nugini . Batalyon berjuluk "Pasukan Setan" ini memiliki sejumlah kemampuan mumpuni.



Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, Satgas Yonif 315/Garuda memiliki kemampuan mumpuni dalam melaksanakan tugas Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).



Dengan kemampuan tersebut, kata Kasdam, Satgas Pamtas Yonif 315/Garuda mampu melaksanakan tugas di daerah perbatasan Papua-Papua Nugini dengan baik dan dapat menorehkan prestasi terbaik.
Dilatih Khusus, Satgas Yonif 315/Garuda Siap Diterjunkan ke Papua

"Latihan taktik dan teknik pertempuran, serta menembak yang telah dilaksanakan, menunjukkan kesiapan satuan ini untuk diberangkatkan dalam melaksanakan tugas pengamanan perbatasan," kata Kasdam III/Siliwangi di sela latihan menembak Satgas Yonif 315/Garuda di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Selain itu, ujar Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo, Satgas Pemukul Yonif 315/Garuda memiliki kemampuan mengendus atau mencium musuh dengan baik. Dengan kemampuan itu, batalyon ini mendapat julukan "Pasukan Setan".

Sehingga, ujarnya, di manapun bertugas, Satgas Yonif 315/Garuda dapat melaksanakannya dengan maksimal. "Dengan kemampuan-kemampuan yang dimiliki, kami yakin, satuan ini dapat menumpas kelompok saparatis bersenjata di Papua, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan dalam setiap langkah dan tindakan," ujar Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Sekadar untuk diketahui, Yonif 315/Garuda adalah salah satu kesatuan dalam batalyon infanteri di TNI Angkatan Darat. Yonif 315/Garuda berdiri pada 20 Agustus 1948. Markas Komando (Mako) Yonif 315/Garuda berada di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Yonif 315/Garuda sebagai satuan tempur berada di bawah Korem 061/Surya Kencana (SK), Kodam III/Siliwangi memiliki posisi dan peran penting dalam mendukung tugas pokok Korem 061/SK untuk menjaga keutuhan dan ketahanan wilayah dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang yang mungkin timbul.

Sejarah berdirinya Yonif 315/Garuda pada 20 Agustus 1947 di daerah Cirebon terbentuk satu Kompi yang diberi nama “Pasukan Setan”. Pada 20 Agustus 1948 karena mendapat simpati dari rakyat dan jiwa patriotisme dan nasionalisme, rakyat setempat, sehingga kekuatan Pasukan Setan bertambah.

Dengan mendapat tambahan satu kompi dari Banten, nama kesatuan diubah menjadi Yon Brigade IV Divisi VI/Siliwangi dengan menggunakan tanda pengenal tutup kepala “Baret Hijau”.

Selanjutnya pada tanggal 20 Agustus 1948 ditetapkan sebagai hari jadi kesatuan Dengan dislokasi pasukan berada di Panawuan, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)