Cuaca di Bandung Cenderung Lebih Dingin, Ini Penjelasan BMKG

Senin, 01 Februari 2021 - 11:29 WIB
loading...
Cuaca di Bandung Cenderung Lebih Dingin, Ini Penjelasan BMKG
Penjelasan BMKG mengenai cuaca di bandung cenderung dingin.Foto/ist
A A A
BANDUNG - Kondisi cuaca di Bandung , Jawa Barat akhir akhir ini cenderung lebih dingin dibanding hari biasa. Bahkan, kondisi suhu yang cukup dingin terjadi pada malam hingga pagi dini hari.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung Teguh Rahayu mengakui, kondisi suhu udara di Bandung raya hingga saat ini masih terasa ddingin pantauan pada (Minggu, 31 Januari 2021). Berdasarkan pantauan alat pengukur suhu udara di Pos Pemantauan cuaca di Lembang tercatat suhu udara terendah dalam delapan hari terakhir dari tanggal 24-31 Januari 2021 adalah sebesar 17,1 derajat celcius. Suhu tersebut terjadi pada 25 Januari 2021.

Baca juga: Ada Bibit Siklon di Samudra Hindia, BMKG: Potensi Ombak Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat

Di Lembang, kata dia, kisaran suhu udara minimum di wilayah Lembang tercatat 17,1 - 18,2 derajat Celcius. Suhu Udara Minimum Lembang pada tanggal 30 Januari tercatat di 17,2 derajat Celcius. Sedangkan pantauan suhu udara di Stasiun Geofisika Bandung, Sukajadi, selama delapan hari terakhir tercatat paling rendah di 20,2 derajat Celcius yaitu di tanggal 24 dan 30 Januari 2021.

"Berdasarkan faktor regional dari kondisi kelembaban yang cenderung basah, yaitu lebih dari 60% pada ketinggian kurang lebih 3 km di atas permukaan laut berpotensi untuk pembentukan awan awan hujan," jelas dia, Senin (1/2/2021).

Baca juga: Dihantam Hujan Deras, Rumah Tua Milik Marsilah di Pangandaran Ambruk

Namun saat ini ada perubahan kondisi cuaca berupa Siklon Tropis "ANA" di Samudera Pasifik bagian barat. Informasi terkini terbentuk siklon tropis "LUCAS" dan "BINA" di Samudera pasifik bagian barat dan ada daerah tekanan udara rendah di sebelah utara Australia Barat sehingga kondisi angin dalam beberapa hari kedepan di sekitar wilayah Jawa Barat masih relatif kencang berkisar antara 27-45 km/jam.

Dari pantauan alat Anemometer, kecepatan angin di Sukajadi Bandung pada hari ini tercatat maksimum sebesar 40,7 km/jam. Dari kondisi kelembaban yang cenderung basah dan angin yang relatif kencang menyebabkan kondisi suhu udara di wilayah Bandung Raya terasa dingin.

"Angin kencang kemungkinan sampai 2-3 hari ke depan, sedangkan cuaca dingin kemungkinan akan berlangsung hingga puncak musim hujan, atau sekitar akhir minggu pertama Februari," imbuh dia
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)