Dua Rumah Ludes Dilalap Api, Kerugian Mencapai Rp100 Juta

Minggu, 31 Januari 2021 - 05:53 WIB
loading...
Dua Rumah Ludes Dilalap Api, Kerugian Mencapai Rp100 Juta
Kebakaran yang menghanguskan dua rumah panggung di Kampung Cibaros, RT 02/08, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (30/1/2021). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Kebakaran hebat menghanguskan dua unit rumah di Kampung Cibaros, RT 02/08, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (30/1/2021). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB itu meluluh lantakan dua rumah panggung yang berdampingan.

Yakni rumah milik Asiyah (76) ukuran 6x10 meter dan Rohimat (56) ukuran 5x8 meter. "Dua rumah yang terbakar, rumah jenis panggung dan tidak ada korban jiwa karena penghuni sudah menyelamatkan diri," terang Kades Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Judin Setiawan kepada SINDOnews.

Menurutnya, berdasarkan keterangan para saksi api berasal dari arus pendek listrik yang berasal dari rumah milik Asiyah. Percikan api kemudian menjalar ke bahan material rumah yang mudah terbakar sehingga dengan cepat membesar.

Api kemudian merembet ke rumah milik Rohimat yang juga ikut habis terbakar. Upaya pemadaman oleh warga yang menggunakan alat seadanya tidak mampu memadamkan api yang dalam waktu singkat menghabiskan kedua rumah tersebut.

Terlebih jauhnya jarak Pos Damkar KBB yang berada di Kecamatan Cililin, membuat petugas Damkar tidak memungkinkan tiba di lokasi dalam waktu cepat. "Kerugian materi cukup besar karena banyak barang dan perabotan rumah yang ikut terbakar. Secara keseluruhan total kerugian mencapai Rp100 juta," sebutnya.

Petugas yang datang dari unsur desa, kecamatan, Kapolsek Gununghalu, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Unit PLN Gununghalu langsung melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Sedangkan korban untuk sementara waktu mengungsi sementara ke rumah kerabat terdekatnya. Bava juga: Damkar KBB Perlu Segera Miliki Pos dan Mobil Pancar di Selatan

"Kondisi kedua pemilik rumah selamat meski masih syok karena kehilangan rumah dan barang-barang berharga," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)