Vaksinasi COVID-19 Tenaga Kesehatan KKB Ditargetkan Tuntas dalam Dua Bulan

Sabtu, 30 Januari 2021 - 09:02 WIB
loading...
Vaksinasi COVID-19 Tenaga Kesehatan KKB Ditargetkan Tuntas dalam Dua Bulan
ilustrasi
A A A
BANDUNG BARAT - Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, terus menyelesaikan proses vaksinasi COVID-19 kepada para tenaga kesehatan (nakes). Ditargetkan, dalam dua bulan ini vaksinasi bisa diselesaikan.

"Saat ini prosesnya terus berjalan di 32 puskesmas dan empat rumah sakit, yakni tiga RSUD dan satu rumah sakit swasta," terang Kepala Dinas Kesehatan KBB, Hernawan Widjajanto.

Dia menyebutkan, vaksinasi yang kini sedang berjalan adalah penyuntikan tahap kedua. Termasuk vaksinasi kepada nakes yang pada tahap pertama belum sempat dilakukan, karena beberapa kendala sehingga belum memungkinkan disuntik.

Baca juga: Lewat Video, 3 Anak Kandung RE Koswara Kembali Memohon Maaf

Seperti karena sedang ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, karena sakit, ketika dicek kesehatan tensi darahnya tinggi, hingga kendala dalam sistem pendaftaran yang dilakukan oleh pusat.

"Jadi yang belum divaksin bukan karena menolak atau tidak mau, tapi ada kendala-kendala seperti itu," terangnya.

Seperti dirinya, pada tahap pertama tidak memungkinkan divaksin karena tensi darah tinggi. Kemudian pada tahap kedua, Kamis (28/1/2021) saat datang ke lokasi vaksinasi, hasil tensi darahnya juga masih tinggi jadi bel bisa divaksin.

"Saya aja belum, tapi kan karena darahnya tinggi. Jadi nunggu sampai darahnya normal baru divaksin, karena kan gak bisa digantikan atau vaksinnya dialokasikan untuk orang lain," terangnya.

Baca juga: PPKM Berlanjut, Tim Satgas COVID-19 Cimahi Gelar Rapid Test di Pintu Tol dan Terminal

Dirinya menargetkan, semua tenaga medis bisa selesai divaksin 100% dalam dua bula atau sampai akhir Maret 2021. Ini dikarenakan pada April sudah akan dilakukan vaksinasi untuk tahap selanjutnya yakni kelompok masyarakat rentan dari aspek sosial dan ekonomi.

"Target kami sebanyak 3.960 dosis vaksin COVID-19 selesai disuntikan 100% di akhir Maret. Untuk nakes sendiri yang pada tahap ini terdata divaksin hanya 1.127 dari total 4.000 nakes aktif yang terdata di KBB," sebutnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)