Unik dan Seru, Kades Terpilih di Kabupaten Buton Tengah Dilantik di Laut

Jum'at, 29 Januari 2021 - 09:46 WIB
loading...
Unik dan Seru, Kades Terpilih di Kabupaten Buton Tengah Dilantik di Laut
Pelantikan kepala desa terpilih di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, digelar di laut. Foto/iNews TV/Andhy Eba
A A A
BUTON TENGAH - Jika lazimnya sebuah pelantikan pejabat dilakukan di gedung atau di lapangan, tetapi tidak di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Pelantikan kepala desa (Kades) terpilih dilakukan di laut.



Bahkan, kades yang dilantik wajahnya dibasuh air laut oleh Bupati Buton Tengah. Proses pelantikan yang unik dan menarik ini, dilakukan di Pantai Tanjung Buaya, Kecamatan Mawasangka Timur, terhadap 16 kades yang baru terpilih dalam Pilkades serentak Kabupaten Buton Tengah.



Sebelum disumpah, para kades diperintakan untuk turun ke laut dan berjajar rapi seperti pelantikan biasa. Kemudian Bupati Buton Tengah, Samhudin mengambil sumpah dan disaksikan rohaniawan.

"Ini sebagai salah satu bentuk penyadaran terhadap para kades yang baru dilantik, tentang penderitaan yang harus dihadapi masyarakatnnya yang rata-rata hidup sebagai nelayan. Selain itu juga sebagai promosi wisata di Kabupaten Buton Tengah," ungkapnya.



Dalam pelantikan kades yang digelar di laut ini, Samhudin menegaskan, agar para kades yang akan memimpin desanya, benar-benar memiliki perencanaan yang baik, terbuka, dan melibatkan masyarakat dalam penggunaan dana desa, sehingga bisa menyejahterakan masyarakatnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)