Gubernur Ganjar Pastikan Masyarakat Sekitar Merapi Aman dari Erupsi

Kamis, 28 Januari 2021 - 03:05 WIB
loading...
Gubernur Ganjar Pastikan Masyarakat Sekitar Merapi Aman dari Erupsi
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan terkait perkembangan pascaerupsi Gunung Merapi, Rabu (27/1/2021). Foto: iNews/Kristadi
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menegaskan masyarakat di sekitar puncak merapi dalam kondisi aman, pasca- erupsi besar gunung merapi , Rabu (27/1/2021) siang.

Ganjar menegaskan bahwa wilayah Jawa Tengah masih terkontrol. Menurutnya, masyarakat puncak merapi sebelumnya sudah diungsikan dan luncuran awan panas dengan jarak satu setengah kilometer itu mengarah ke barat daya atau Hulu Kali Krasak dan Kali Boyong.



Area yang berpotensi terkena awan panas dan longsoran dari erupsi merapi masih cukup jauh, akan tetapi masyarakat diminta tetap waspada agar tidak ada yang menjadi korban. Dari laporan, arah awan panas lebih ke daerah ke Boyong di daerah Istimewa Yogyakarta dan Krasak wilayah Magelang.



“Di lokasi itu relatif aman, penduduknya sudah diminta untuk mengungsi. Sedangkan Klaten dan Boyolali sampai hari ini juga masih aman karena warganya juga sudah mengungsi,” katanya, Rabu (27/1/2021).



Terkait hujan abu yang melanda beberapa wilayah, Ganjar mengatakan bahwa bantuan masker sudah tersedia, tidak hanya masker tapi tempat perlindungan dan lainnya. Dia pun meminta masyarakat yang ada di pengungsian untuk menjaga diri agar tidak terkena langsung dampak turunnya abu.

“Mereka dihimbau untuk berlindung di dalamagar lebih aman,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2486 seconds (0.1#10.140)