Legenda dan Asal Usul Gunung Merapi: Kisah di Balik Keperkasaannya

Rabu, 03 Juli 2024 - 07:11 WIB
loading...
Legenda dan Asal Usul Gunung Merapi: Kisah di Balik Keperkasaannya
Gunung Merapi, salah satu gunung berapi paling terkenal dan aktif di Indonesia, terutama di Tanah Jawa, menyimpan banyak misteri dan legenda yang dipercayai oleh penduduk sekitar. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
Gunung Merapi, salah satu gunung berapi paling terkenal dan aktif di Indonesia, terutama di Tanah Jawa, menyimpan banyak misteri dan legenda yang dipercayai oleh penduduk sekitar. Banyak dari misteri ini dikaitkan dengan aktivitas vulkanik gunung yang sering menyemburkan asap dan material panas. Berikut beberapa misteri dan legenda yang melekat pada Gunung Merapi:

Misteri Gunung Merapi

1. Dihuni Makhluk Halus

Penduduk sekitar percaya bahwa Gunung Merapi dan Kebun Raya Kaliurang dihuni oleh makhluk halus. Banyak pengunjung kebun raya yang mengaku mendengar suara-suara aneh dan melihat penampakan makhluk gaib seperti genderuwo. Meskipun demikian, klaim ini belum pernah dibuktikan secara ilmiah.

2. Mitos Naga Hidup

Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa di dalam Gunung Merapi terdapat seekor naga dengan kekuatan mistis. Naga inilah yang dianggap bertanggung jawab atas letusan gunung yang dahsyat.



3. Tempat Bertapa

Gunung Merapi diyakini memiliki energi mistis yang kuat, sehingga banyak orang datang ke gunung ini untuk bertapa dan mencari wangsit atau petunjuk gaib.

4. Makam Mbah Maridjan

Kisah mistis lain yang populer adalah mengenai makam Mbah Maridjan, juru kunci legendaris Gunung Merapi. Banyak yang percaya bahwa setelah wafat, Mbah Maridjan menjadi bagian dari kekuatan mistis Gunung Merapi.

5. Ratu Kidul dan Gunung Merapi
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3243 seconds (0.1#10.140)
pixels