Siloam Hospital Balikpapan Sukses Operasi Bypas Jantung Koroner Pertama

Sabtu, 23 Januari 2021 - 00:19 WIB
loading...
Siloam Hospital Balikpapan Sukses Operasi Bypas Jantung Koroner Pertama
Siloam Hospital Balikpapan Sukses Operasi Bypas Jantung Koroner Pertama. Foto/Ist
A A A
BALIKPAPAN - Siloam Hospital Balikpapan berhasil melaksanakan pelayanan bedah jantung terbuka pertama di Kota Balikpapan.
Jenis operasi yang dilakukan adalah operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau yang lebih lazim disebut Operasi Bypass Jantung Koroner.

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan utama dan penyebab nomor satu kematian di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. (Baca juga: Serangan Jantung, TKI Asal Majalengka Meninggal di Arab Saudi )

Sekitar 31% dari seluruh kematian di dunia, atau sekitar 8,7 juta, disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mencatat sebanyak 1,5% atau 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung koroner. (Baca juga: Siloam Hospital Manado Gelar Health Talk Bahas Stroke )

Siloam Hospital Balikpapan (SHBP) sebagai salah satu rumah sakit swasta di Kalimantan Timur terus berupaya membantu pemerintah kota dalam melayani dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melengkapi fasilitas bagi layanan bedah jantung terbuka, yang telah diresmikan Wali Kota Balikpapan H Rizal Efendi SE pada 23 November 2020 lalu.

Diharapkan dengan adanya pelayanan ini, masyarakat Balikpapan tidak perlu lagi ke luar kota ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung. Tentunya layanan bedah jantung yang ada di SHBP tidak kalah dengan layanan yang ada di luar pulau. Pihak SHBP memastikan telah menyiapkan tim medis yang berkompeten dan handal dalam bidang tersebut.

Pada Sabtu, 16 Januari 2021 lalu, Siloam Hospital Balikpapan berhasil melaksanakan pelayanan bedah jantung terbuka pertama di Kota Balikpapan.

Jenis operasi yang dilakukan adalah operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau yang lebih lazim disebut Operasi Bypass Jantung Koroner.

Secara sederhana, prosedur CABG digambarkan sebagai pembuatan jalur baru (bypass) di sekitar arteri yang tersumbat. Jalur baru dibutuhkan agar aliran darah menjadi lancar sehingga otot jantung cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen.

Operasi ini dilakukan pada Pria berusia 50 tahun dengan kasus Penyakit Jantung Koroner. Ruang Bedah (Operating Theater) Siloam Hospital Balikpapan menjadi tempat pelaksanaan bedah jantung terbuka ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)