Krisis Pangan Mangancam, Gardellive Kebun Komunitas Berbasis AI Bisa Jadi Solusi

Kamis, 21 Januari 2021 - 02:36 WIB
loading...
Krisis Pangan Mangancam, Gardellive Kebun Komunitas Berbasis AI Bisa Jadi Solusi
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan membuat suatu aplikasi bernama Gardellive. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Sektor perkebunan sebagai salah satu penopang perekonomian di Indonesia. Adanya sentuhan teknologi yang semakin canggih membawa sektor ini untuk terus bertahan dan berkembang.



Salah satunya yang dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan membuat suatu aplikasi bernama Gardellive. Aplikasi ini merupakan inovasi yang mengintegrasikan telepon seluler dan kondisi kebun komunitas dengan memanfaatkan sensor berbasis artificial intelligence (AI).

Masyarakat urban memiliki kecenderungan daya beli yang rendah untuk menanam dan memanen kebutuhan pangannya sendiri. Padahal, dengan menanam dan memanen sendiri setidaknya masyarakat akan dapat meminimalisasi pengeluaran dan justru bisa menambah pemasukan.



Muhammad Nur Slamet, Ketua Tim Penggagas Gardellive menuturkan, masyarakat akan lebih mudah menanam sendiri dan mengonsumsi hasilnya ataupun memperjual belikannya menggunakan Gardellive.

"Selain latar belakang perekonomian, ide ini kami gagas dengan harapan dapat menunjang pemenuhan kebutuhan pangan empat sehat lima sempurna masyarakat urban," kata Omet, panggilan akrabnya.



Ia melanjutkan, kebun komunitas dipilih sebagai objek penerima manfaat karena lahan yang dibutuhkan tidak cukup besar. Penggunaan lahan bersama sebagai kebun komunitas dirasa tepat untuk didorong lebih maju sehingga berkembang di perkotaan.

Gardellive menawarkan berbagai kemudahan dalam satu genggaman. Teknologi ini memudahkan upaya memaksimalkan sistem kebun komunitas berbasis hidroponik dengan menekan besar usaha pekebun untuk memantau tanamannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)