Pasien Positif COVID-19 Blitar Lebih Suka Isoman, Ini Akibatnya

Senin, 18 Januari 2021 - 20:43 WIB
loading...
Pasien Positif COVID-19 Blitar Lebih Suka Isoman, Ini Akibatnya
ilustrasi
A A A
BLITAR - Sebagian besar pasien positif COVID-19 di Kabupaten Blitar lebih memilih menjalani isolasi mandiri (isoman) daripada berada di rumah karantina yang disediakan pemerintah. Sesuai data Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar, jumlah pasien positif yang menjalani isolasi mandiri hingga Senin (18/1), mencapai 211 pasien atau 46 %.

Menurut Juru Bicara Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti, pemantauan terhadap pasien isolasi mandiri lebih sulit dilakukan. "Karena banyak yang kurang mematuhi protokol, sehingga klaster keluarga tinggi," ujar Krisna Yekti kepada wartawan. Total jumlah pasien positif di Kabupaten Blitar pada 18 Januari sebanyak 461 pasien.

Baca juga: Ketua DPRD Madiun Sebut Sekwan Positif COVID-19, Semua Anggota Dewan Swab

Selain 211 pasien yang diantaranya memilih isolasi mandiri, dari jumlah 461 tersebut, yang menjalani isolasi di pesantren tangguh sebanyak 68 pasien. Kemudian isolasi di gedung isolasi LEC Garum 28 pasien, di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar 41 pasien, RSUD Ngudi Waluyo 39 pasien, RSI Aminah 14 pasien dan RSUD Srengat 8 pasien.

Krisna Yekti mengatakan, mereka yang selalu meminta isolasi mandiri rata rata pasien positif tanpa gejala atau OTG (Orang Tanpa Gejala). Mereka memilih isolasi mandiri karena merasa lebih nyaman. Mereka juga tidak bersedia menjalani isolasi di rumah sakit. Padahal, kata Krisna Yekti, kontrol dan penanganan di rumah karantina yang disediakan pemerintah, jelas lebih baik.

Baca juga: Puluhan Cewek Plus-plus di Denpasar Kena Sidak, Diingatkan Cuci Tangan Usai Begituan

"Mayoritas OTG (Yang meminta isolasi mandiri)," tambah Krisna Yekti. Sementara, pada hari kedelapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar terus bertambah. Pada Senin (18/1) ini, terdapat tambahan 30 kasus positif baru. Tambahan kasus baru ini disumbang dari berbagai klaster.

Diantaranya klaster keluarga, klaster pondok pesantren, klaster perjalanan dan klaster yang belum diketahui. Sementara pada saat yang sama, ada sebanyak 39 pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh. "Meski sembuh mereka tetap harus menjalankan protokol kesehatan," pungkas Krisna Yekti.

Baca juga: Kisah Mahasiswi Cantik Jago Silat Nyambi Driver Ojol Demi Kuliah S2

Sementara terhitung secara akumulatif hingga 18 Januari 2021, jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten Blitar mencapai 2.793 kasus. Perinciannya, 2.112 sembuh, 200 orang meninggal dunia, 139 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan selebihnya diisolasi
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)