Ridwan Kamil Sebut Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Lokasi Longsor Sumedang

loading...
Ridwan Kamil Sebut Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Lokasi Longsor Sumedang
Tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban longsor di Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Foto/Ist
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana meninjau langsung lokasi bencana tanah longsor di Kabupaten Sumedang.

Diketahui, bencana tanah longsor menimpa warga Kampung Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Akibatnya, puluhan orang kehilangan nyawa akibat tertimbun tanah.

Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, Presiden Jokowi dikabarkan akan tiba di Sumedang, akhir pekan ini.

"Mudah-mudahan kabar bahwa Bapak Presiden akan datang ke Sumedang di pekan ini. Mudah-mudahan bisa menjadi berita yang melegakan dan berita yang menggembirakan," ungkap Kang Emil seusai Rapat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jabar di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (18/1/2021).



Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumedang yang akan menyiapkan lahan relokasi bagi warga terdampak bencana tanah longsor tersebut.

Dia pun mengaku telah menginstruksikan seluruh kepala daerah di Jabar untuk menganalisa wilayah rawan longsor dan merelokasi warga di wilayah rawan longsor ke lokasi yang lebih aman.

"Kita tahu ini tidak mudah, contohnya di Sumedang sudah tau dia kena longsor, tapi yang menolak direlokasi juga banyak ya," ungkap Kang Emil.



Menurut Kang Emil, penolakan relokasi oleh warga terdampak bencana longsor di Sumedang sebagai contoh bahwa upaya edukasi kepada masyarakat bukanlah perkara yang mudah.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top