Tak Layak Pakai, Bid Propam Sita 26 Senpi Anggota Ditreskrimum Polda Jatim

loading...
Tak Layak Pakai, Bid Propam Sita 26 Senpi Anggota Ditreskrimum Polda Jatim
Bidpropam Polda Jatim menggelar pemeriksaan senpi anggota Ditreskrimum.Foto/Lukman Hakim
SURABAYA - Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Jawa Timur (Jatim) menggelar pemeriksaan senjata api (senpi) pada Senin (18/1/2021). Pemeriksaan di Ditreskrimum itu merupakan kegiatan rutin untuk memastikan senpi dalam kondisi siap pakai.

Ada sebanyak 69 senpi milik 69 personel yang diperiksa. Bila surat-surat dalam kondisi mati, maka senpi akan diambil. Senpi juga akan ditarik ketika dalam kondisi tidak bersih. "Pemeriksaan senpi untuk memastikan kelayakan senpi. Selain itu, persyaratan seperti surat-surat dan kebersihan senpi juga dilakukan," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Kalah Gugatan, PT Antam Diminta Bayar 1,1 Ton Emas Kepada Pengusaha Surabaya

Gatot menjelaskan, bagi anggota yang memegang senpi juga harus memenuhi syarat. Misalnya, psikologi dan ujian praktik menembak yang harus dilalui para anggota.



Pemeriksaan senpi tak hanya dilakukan di jajaran Polda Jatim. "Hal serupa juga akan dilakukan ke jajaran Polres hingga tingkat paling bawah, yakni ke Polsek," imbuh Gatot.

Dari hasil pemeriksaan ini, imbuhnya, ada dua senpi yang kotor, 26 disita dan 22 senpi habis masa berlaku kartunya. Ke- 26 senpi yang disita karena beberapa alasan. Diantaranya, izin yang telah mati dan tidak layak. Ke-26 senpi itu nantinya disimpan di gudang senpi Ditreskrimum Polda Jatim. "Pemeriksaan senpi dilakukan untuk antisipasi terjadinya kesalahan dalam penggunaan senpi," terangnya.

Baca juga: Pandemi COVID-19, Pakar Imunologi: Pemakaian Masker Setidaknya 4 Tahun Lagi



Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto menambahkan, para anggotanya yang membawa senpi total 69 orang. Namun, yang hadir saat pemeriksaan sekitar 43 personil. Sedangkan yang tidak hadir ada 26 personil. "Kami mendukung program Bid Propam untuk menjalankan kegiatan tersebut kepada personilnya. Karena senpi sendiri menjadi prioritas untuk dipelihara," terangnya
(msd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top