Percepat Uji Corona, Laboratorium BSL3 Unpad Siap Periksa 1.000 Sampel per Hari

Jum'at, 17 April 2020 - 11:45 WIB
loading...
Percepat Uji Corona, Laboratorium BSL3 Unpad Siap Periksa 1.000 Sampel per Hari
Laboratorium Biosafety Level 3 (BSL3) Unpad. Foto/humas.unpad
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) mulai mengaktifkan laboratorium dengan Biosafety Level 3 (BSL3) untuk membantu mempercepat penanganan pandemi corona (COVID-19). Laboratorium BSL3 Unpad mampu memeriksa 1.000 sampel per hari.

Laboratorium BSL3 adalah laboratorium yang digunakan untuk pekerjaan atau penelitian yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi, misalnya virus TB MDR, HIV, termasuk virus corona.

Kepala Laboratorium Sentral Unpad, Prof. Dr. Unang Supratman, M.Si., mengatakan, Laboratorium BSL3 Unpad yang dibangun pada 2019 dengan dana dari Islamic Development Bank (IDB), sudah siap mendukung layanan pemeriksaan virus corona dalam waktu dekat.

"Saat ini sedang menyempurnakan persiapan teknis untuk pemeriksaan lab untuk sampel Covid-19 yang menggunakan Realtime Polymerase Chain Reaction (PCR)," kata dia dalam siaran persnya, Jumat (17/4/2020).

Ketua Satgas COVID-19 Unpad Dr. med. Setiawan, dr., menyatakan, pemeriksaan di Laboratorium BSL3 Unpad akan menambah kapasitas pemeriksaan. Selama ini, laboratorium di RSP Unpad bekerja sama dengan Labkesda Jabar dan ITB.

"Laboratorium BSL3 Unpad segera ditetapkan leh Kementerian Kesehatan sebagai laboratorium pemeriksaan Covid 19 dengan target pemeriksaan sekitar 30.000 sampel. Per hari bisa diperiksa sekitar 1.000 sampel," terang Setiawan.

Percepat Uji Corona, Laboratorium BSL3 Unpad Siap Periksa 1.000 Sampel per Hari

Laboratorium Sentral Universitas Padjajaran. Foto/dok. unpad

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti menyatakan, Unpad juga memiliki komitmen untuk berkontribusi pada usaha-usaha mempercepat proses berakhirnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Lab BSL3 di Unpad ini menjadi salah satu upaya untuk itu. Dalam pelaksanaannya akan memperkuat kerjasama lintas fakultas di Unpad, pemerintah daerah provinsi Jawa Barat, dan juga dengan kementerian-kementerian terkait.

“Kami juga membuka kerjasama dengan teman-teman peneliti dari perguruan tinggi lain yang semuanya sedang berusaha untuk berkontribusi secara nyata dalam melakukan pemeriksaan PCR,” tutur Rina.

Pada saat lab BSL3 ini sudah siap untuk beroperasi, Rektor Unpad menekankan, pelaksanaan pemeriksaan lab sampel Covid-19 akan dikerjakan di bawah koordinasi Satuan tugas Covid-19 Unpad yang diketuai oleh Dekan Fakultas Kedokteran.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)