Waspadalah! Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Selatan Jawa Tengah

Rabu, 13 Januari 2021 - 08:38 WIB
loading...
Waspadalah! Gelombang Setinggi 4 Meter di Perairan Selatan Jawa Tengah
ilustrasi
A A A
SEMARANG - Cuaca buruk berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir. Selain itu, gelombang hingga setinggi empat meter juga menjadi ancaman di Perairan Selatan Jawa Tengah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang merilis prakiraan cuaca yang berlaku pada hari ini Rabu (13/1/2021) pukul 07.00 - 19.00 WIB. Prakiraan itu berdasarkan pengamatan data cuaca di Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang hari ini pukul 05.30 WIB.

(Baca juga: Luapan Sungai Mungkung Sempat Menutup Jalur Utama Jateng-Jatim )

"Prakiraan cuaca Semarang, pagi umumnya berawan. Siang/sore sampai awal malam potensi hujan ringan hingga sedang," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, Triyotomo.

"Angin dari arah barat daya - utara dengan kecepatan 10 - 25 km/jam. Suhu udara berkisar 26 - 31 °C. Sedangkan kelembaban udara berkisar 65 - 90 %," tambah dia.

Sementara untuk cuaca Jawa Tengah pada pagi hari umumnya berawan. Pada siang/sore hingga awal malam diperkirakan bakal terjadi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang dengan waktu bervariasi.

(Baca juga: Kisah 2 Teknisi Telekomunikasi Penumpang Sriwijaya Air yang Selamat dari Maut )

"Potensi hujan sedang-lebat dapat disertai petir/angin kencang tersebar di Pegunungan Tengah, sebagian Pantura Barat-Tengah, dan sebagian Jateng Timur. Waspada bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, petir, dan angin kencang," ungkapnya.

"Tinggi gelnmbang di Perairan Utara Jawa Tengah 0,5 - 2,5 meter, sedangkan tinggi gelombang di Perairan Selatan Jawa Tengah 1,5 - 4 meter," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3207 seconds (0.1#10.140)