Warga Pekalongan Saling Bantu, Sayuran dan Lauk Gratis Diletakan di Pos Ronda

Jum'at, 15 Mei 2020 - 10:14 WIB
loading...
Warga Pekalongan Saling Bantu, Sayuran dan Lauk Gratis Diletakan di Pos Ronda
Pemandangan menarik ada di Perumahan Wirabaru 1, Pekuncen Wiradesa, Pekalongan, Jateng. Warga membuat pasar darurat gratis untuk siapa saja yang membutuhkan. Foto/iNews TV/Suryono Sukarno
A A A
PEKALONGAN - Ada pemandangan menarik di Perumahan Wirabaru 1, Pekuncen Wiradesa, Pekalongan , Jawa Tengah. Warga membuat pasar darurat gratis untuk siapa saja yang membutuhkan. (Baca juga: Protes Bansos COVID-19, Warga Mengamuk dan Segel Kantor Desa)

Bungkusan plastik berisi sayur mayur, cabai, tomat, bawang merah, bawang putih ditempatkan ditaruh di depan pos ronda. Ada juga lauk seperti telor, tahu , tempe, ayam, daging dan ikan yang bisa diambil gratis warga kampung yang membutuhkan. Makanan lain seperti krupuk, buah, gula, teh, kopi ,minyak goreng, tepung dan kebutuhan sehari-hari dipasang setiap pagi hingga sore ditempat ini. (Baca juga: 11 dari 22 Warga Bungo Jadi Tersangka Penyandera dan Penusuk Kapolsek Palepat)

“Sayuran dan lauk gratis ini ide awalnya dari warga sekitar untuk membantu bagi yang terdampak COVID-19. Selama bulan Ramadhan ini banyak yang kesulitan kebutuhan sehari hari karena adanya pandemi COVID-19,” kata Ketua RT 05 RW 8 Wirabsaru Pekuncen Wiradesa, Yusuf Jaelani, Jumat (15/5/2020).

Warga kemudian sedekah suka rela apa saja yang bisa dibagikan ke warga atau tetangga sekitar yang membutuhkan. “Ada yang memberikan sayuran, buah, makanan, lalu di letakan di tempat pos ronda ini agar bisa diambil langsung warga lain. Warga juga bisa membantu dengan sistem barter atau tukar barang lain,” jelas Yusuf.

Barang yang dipajang ini sengaja dibuat seperlunya saja, dan jika sudah habis akan diganti baru. Setiap hari setidaknya menyediakan untuk 50 sampai 100 bungkus dengan nominal berkisar Rp200 ribu sampai Rp500 ribu.

“Pasar gratis ini sudah berjalan sejak lima hari dan sampai sekarang terus berjalan, bahkan mulai banyak yang ikut menjadi donatur. Mereka bisa memberikan barang juga menitipkan uang untuk dibelanjakan dan disiapkan secara gratis,” jelasnya.

Sejumlah warga yang melintas langsung mengambil dan memilih barang yang diperlukan. Mereka biasanya mengambil seperlunya. Misalnya telur ambil dua, krupuk seplastik, sayuran lengkap dengan bumbu dan lainnya.

“Kami warga yang terdampak COVID-19 merasa sangat senang dan tertolong dengan aksi sosial seperti ini. Suami saya pekerjaanya ojek dan saya buruh cuci, saat ini sangat kesulitan. Dengan adanya sayur dan lauk gratis ini tentu sangat membantu dan saya sangat berterimakasih,” ujar Farehah, warga perumahan setempat.

Banyak warga yang tak ada penghasilan lagi semenjak COVID-19, sehingga pasar gratis juga barter ini bisa sangat membantu. “Saya pedagang ikan stiap hari melintas sini, saat ada sayur gratis saya mengambil satu atau dua, lalu saya juga kadang memberikan ikan untuk bisa dibagikan yang lain,” jelas Musarofah, pedagang ikan .

Pasar sayur dan lauk gratis juga barter ini akan terus berlangsung hingga akhir Ramadhan. Jika kondisi masih seperti sekarang, maka rencananya warga akan tetap menggelar aksi menolong sesama dengan sayur dan lauk gratis ini.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3842 seconds (0.1#10.140)