Terekam Kamera Trap, Harimau Sumatera Mangsa 5 Ekor Sapi Warga Langkat

Senin, 11 Januari 2021 - 20:09 WIB
loading...
Terekam Kamera Trap, Harimau Sumatera Mangsa 5 Ekor Sapi Warga Langkat
Sebanyak lima ekor sapi ternak milik warga di Dusun Batu Katak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara dimangsa harimau sumatera. Foto iNews TV/Ahmad RN
A A A
LANGKAT - Sebanyak lima ekor sapi ternak milik warga di Dusun Batu Katak, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat dimangsa harimau sumatera . Sejumlah bangkai sapi ditemukan dalam keadaan tidak utuh pada, Senin pagi (11/1/2021).
Terekam Kamera Trap, Harimau Sumatera Mangsa 5 Ekor Sapi Warga Langkat

"Sebelumnya hanya berjarak 5 kilometer harimau sumatera juga memangsa dua ekor sapi di Desa Lau Damak, Kabupaten Langkat . Ini membuat kami cemas, " kata Imran salah satu warga.

(Baca: Gempar, Harimau Masuk Kampung dan Makan Ternak Lalu Berbaring di Depan Rumah Warga)

Sementara Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara Hotmauli Sianturi mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi petugas harimau sumatera yang memangsa ini masih harimau yang sama yang sebelumnya terekam kamera trap .

“Jejak harimau sumatera terlihat di beberapa titik bahkan kamera trap yang dipasang oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara merekam saat seekor harimau memangsa sejumlah sapi warga,” kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara Hotmauli Sianturi.

Petugas, kata dia, juga terus memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar mengubah pola beternak dengan tidak meninggalkan hewan di hutan dan diikat di batang pohon .

“Kita juga mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah di malam hari,” timpalnya.

(Bisa diklik: Tiga 'Koboi' Berupaya Menangkap Seekor Harimau yang Berkeliaran)


Diduga kuat, kata dia, harimau sumatera keluar dari hutan dikarenakan ternak warga yang tidak dikandangkan. Hal ini membuat harimau dengan mudah mencari mangsa dengan keluar hutan dan masuk ke areal pemukiman warga .
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)