UMY Bantu Pemkab Klaten APD Pelindung Wajah

Jum'at, 15 Mei 2020 - 09:00 WIB
loading...
UMY Bantu Pemkab Klaten APD Pelindung Wajah
Rektor UMY, Gunawan Buidyanto (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan APD medis yang diterima Kabag Humas Klaten, Wahyudi Martono di UMY. FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) tenaga medis berupa face shield (pelindung wajah) kepada Pemkab Klaten. Pelindung wajah yang diberikan sebanyak 500 pieces.

Rektor UMY, Gunawan Buidyanto secara simbolis menyerahkan bantuan APD medis yang diterima Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono di Kampus UMY, Kamis (14/5/2020).

Gunawan Budiyanto mengatakan UMY memberikan bantuan ini sebab dari beberapa kejadian banyak tenaga medis yang menjadi korban tertular COVID-19. Selain itu Klaten juga merupakan daerah yang menjadi tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMY.

“Ini merupakan bentuk keprihatin UMY terhadap kondisi ketersedian APD. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi para medis Pemkab Klaten yang menanggani pasien yang terinfeksi COVID-19,” kata Gunawan dalam siaran pers yang diterima SINDOnews Jumat (15/5/2020).

Gunawan menjelaskan UMY rencananya akan memberikan bantaun 10 ribu APD pelindung wajah kepada tenaga medis di beberapa daerah di DIY dan luar DIY. Selain Klaten, juga akan menyasar, Purworejo, Magelang dan Kulonprogo.

“APD ini buatan kami sendiri. Sampai Lebaran diharapkan bisa mendistribuskan 5 ribu APD face shield. Dengan sasaran tenaga medis di klinik dan rumah sakit PKU Muhammadiyah serta kepada para polisi yang setiap hari berada di jalanan,” jelasnya.

Kabag Humas Pemkab Klaten Wahyudi Martono mengatakan bantuan face shield ini akan sangat membantu Pemkab Klaten dalam penanggulangan pandemi COVID-19 mengingat ketersediaan face shield di Klaten sendiri sangat minim.

Face shield ini akan didistribusikan kepada para tenaga medis, polisi, dan juga relawan-relawan di Klaten,” terangnya. (Baca juga : UMY Bagikan 1600 Paket Sembako Bagi Mahasiswa Terdampak Corona )

Menurut Wahyudi kasus positif COVID-19 di Klaten, ada 18 orang. Dari jumlah ini, sembuh empat orang, masih dirawat 14 orang. Mereka dirawat di RSSuraji Tirtonegoro, RSI Klatena dan RS Bagas Waras Klaten.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)