Kanal Selatan CPI Ditembuskan, Solusi Masalah Lingkungan di Sekitar Losari

Senin, 11 Januari 2021 - 09:26 WIB
loading...
Kanal Selatan CPI Ditembuskan, Solusi Masalah Lingkungan di Sekitar Losari
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (kiri) saat melakukan seremoni penembusan kanal Centre Point of Indonesia, Senin (11/1/2021). Foto: Istimewa.
A A A
MAKASSAR - Penembusan kanal selatan Center Point of Indonesia ( CPI ) sukses dilakukan. Artinya, sirkulasi air akan lancar dan mengatasi masalah lingkungan yang terjadi di sekitaran Pantai Losari.

Penembusan ditandai penekanan tombol sirene dan penerusan 5 meter panjang tanah dengan alat berat.

"Alhamdulillah perjuangan yang panjang hari ini membuahkan hasil," kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat melakukan seremoni penembusan kanal di CPI , Senin (11/1/2021).

Nurdin Abdullah pun mengapreasi kerja keras dan kolaborasi dengan berbagai pihak, seperti Forkopimda, Pemerintah Kota dan pemilik lahan yang menghibahkan lahannya seperti PT Passokorang, PT GMTDC (Lippo Group), serta ahli waris Hajja Najamiah.

Diamenyebutkan, kritikan masyarakat tentang bau yang dimunculkan oleh kanal yang ada, karena tidak ada sirkulasi yang memperlancar aliran air.

"Alhamdulillah berkat kerjasama kita semua sehingga semua pemilik lahan memberikan lahannya untuk dijadikan kanal," sebutnya.

Penembusan kanal ini juga sudah sesuai dengan Perda Nomor 4 Kota Makassar Tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Kedepan, Nurdin Abdullah berharap kanal ini juga akan menjadi kawasan rekreasi dan memiliki fungsi ganda. Sirkulasi air di Makassar, terutama sekitar kawasan Losari juga semakin sehat. Masyarakat juga diyakini akan semakin menyukai dan betah berkunjung ke Losari.



Tugas selanjutnya, kata Bupati Bantaeng periode 2008-2018 ini, adalah berkolaborasi dengan Balai Besar Sungai agar dapat dengan cepat meneruskan pembukaan jalur air Kanal Jongaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)