Belajar Urban Farming dan Magang Seru di Kebun Edukasi Sarah Prabumulih

Sabtu, 09 Januari 2021 - 20:25 WIB
loading...
Belajar Urban Farming dan Magang Seru di Kebun Edukasi Sarah Prabumulih
Mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Sriwijaya (Unsri) yang mengikuti pemagangan di Kebun Edukasi Sarah, Prabumulih, Sumatera Selatan. foto: hendri irawan/SINDOnews
A A A
PRABUMULIH - Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa di Kota Prabumulih , Sumatera Selatan terdapat kebun percontohan urban farming yang dirancang untuk kegiatan edukasi. Kebun ini bernama Kebun Edukasi Sarah.

Berlokasi di Kelurahan Muntang Tapus, Kebun Edukasi Sarah dibangun sebagai bagian dari program Sampah Jadi Berkah yang dirintis oleh Institut Agroekologi Indonesia (INAgri) dengan dukungan Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field.

(baca juga: Berguru Urban Farming Bersama Ninja Xpress, Potensi Usaha Baru dari Rumah )

Sebagai percontohan, kebun ini fokus pada kegiatan pendidikan (edukasi), selain kegiatan budidaya sayur sehat, dan bagian dari pengelolaan sampah terpadu. Ada sejumlah kegiatan edukasi rutin yang berlangsung sejak kebun ini dibuka pada November 2018.

Pertama, Pendidikan Dasar Konservasi Alam dan Lingkungan (PASAR KALANGAN) dilakukan sebulan sekali untuk anak-anak usia taman kanak-kanak, SD, SMP, hingga SMU. Kedua, Sarah Workshop on the Weekend (SARAH WOW) yang dapat diikuti kalangan umum usia dewasa.

Namun, karena pandemi Covid-19 kedua program ini sempat tertunda. Tapi sejak Desember 2020, pengelola Kebun Edukasi Sarah telah mulai membuka kembali kegiatan SARAH WOW dengan pembatasan jumlah peserta dan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan.

(baca juga: Warga Prabumulih Ciptakan Sabun Herbal dari Minyak Bekas )

Satu lagi terobosan yang dilakukan untuk menggalakkan kegiatan edukasi terkait gaya hidup sehat masyarakat perkotaan di Prabumulih, khususnya kalangan milenial baik umum maupun mahasiswa, yakni dengan membuka program magang.

“Saat ini ada empat mahasiswa yang sedang magang di Kebun Edukasi Sarah. Satu dari jurusan agronomi UGM, dan tiga orang dari fakultas pertanian Universitas Sriwijaya,” kata Avidia Ariyansyah atau akrab disapa David, Kepala Kebun Edukasi Sarah.

Program magang secara formal dilangsungkan selama 16 hari. Secara tak formal, meski telah melewati 16 hari, peserta magang dibolehkan untuk terus belajar dan berpraktik bersama di Kebun Edukasi Sarah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)