Impian Ridwan Kamil, Wujudkan Kota Pelabuhan Patimban Mirip Rotterdam

Jum'at, 08 Januari 2021 - 13:53 WIB
loading...
Impian Ridwan Kamil, Wujudkan Kota Pelabuhan Patimban Mirip Rotterdam
Pelabuhan Patimban/SINDOnews/dok
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki impian menjadikan Kota Pelabuhan Patimban yang dibangun di sekitar Pelabuhan Internasional Patimban bakal mirip Kota Pelabuhan Rotterdam di Belanda.

Impiannya itu disampaikan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat menjadi narasumber 'Public Expose Pelabuhan Patimban: Wajah Modern Pelabuhan di Indonesia' oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI) yang digelar secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Dalam paparannya, Kang Emil menjelaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban oleh pemerintah pusat akan didukung pengembangan 13 kota baru di sekitarnya, salah satunya Patimban City atau Kota Maritim Patimban.

Menurut Kang Emil, Patimban City yang dibangun dengan konsep live, work, and play (tinggal, bekerja, dan rekreasi) akan menjadi kota maritim terbaik dengan populasi 1 juta penduduk untuk mendukung keberadaan pelabuhan terbaik, tercanggih, dan terbesar di Indonesia itu.

"Sehingga, suatu hari mirip Yokohama (di Jepang) atau Rotterdam (di Belanda) yang merupakan kota pelabuhan juga wisata, bukan kota pelabuhan yang keras dan tidak tertata," ungkap Kang Emil dalam keterangan resminya, Jumat (8/1/2021).

Tidak hanya itu, lanjut Kang Emil, Patimban City juga akan menjadi pintu pembuka kesuksesan Indonesia di masa depan, sehingga perlu direncanakan dan didesain dengan sangat baik.

"Kita pun ingin merancang kota pelabuhan terbaik di dunia minimal ASEAN dengan rancangan yang sangat komprehensif. Ada support pabrik, industri, dan berhubungan dengan kebutuhan Pelabuhan Patimban," tutur Kang Emil.

"Selain itu, kami tidak mau hanya jadi industri, nanti (di Patimban City) ada perkantoran, hotel, apartemen, ada hutan raya mangrove, lapangan golf, ada tempat rekreasi, ada Masjid Raya," lanjutnya.

Dia menegaskan, Patimban City tidak hanya mendukung Pelabuhan Patimban, tetapi juga menyokong pengembangan total 13 kota baru di kawasan Rebana Metropolitan.

"Jadi Patimban City support 13 kota baru di Rebana Metropolitan, jangan seolah-olah hanya untuk Pelabuhan Patimban saja, tapi juga untuk 13 kota baru yang belum lahir, tapi akan dilahirkan dalam 10 tahun ini," imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)