Tiba di Surabaya, Vaksin Covid-19 Mendapat Kawalan Ketat

Senin, 04 Januari 2021 - 12:53 WIB
loading...
Tiba di Surabaya, Vaksin Covid-19 Mendapat Kawalan Ketat
Kendaraan taktis kawal distribusi Vaksin Covid-19. Foto/SINDONews/HO/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Vaksin Covid-19 yang dikirim dari Jakarta akhirnya tiba di Kota Surabaya, Senin (4/1/2021). Vaksin yang dikirim melalui jalur darat menggunakan dua truk box ini tiba dikantor dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur sekitar pukul 07.15 WIB.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Candra, mengatakan selama perjalanan masuk Surabaya, vaksin mendapatkan pengawalan ketat. Hal itu untuk memastikan keamanan dan kelancaran vaksin dari BioFarma tersebut sampai di kantor Dinkes Jatim. (Baca juga: Selain Vaksin Sputnik V, Rusia Kembali yang Pertama Menemukan Obat Covid-19)

Mobil patroli dari Petugas Jalan Raya (PJR) Polda, mobil patroli Satlantas dan dua baracuda dikerahkan untuk mengawal. "Pengawalanan langsung sesuai perintah Kapolri. Jadi pengawalan Polda dan Polres, Polresta dan Polrestabes Surabaya juga turut andil. Kita tadi dapat giliran dari masuk Tol Surabaya sampai ke Dinkes Jatim," katanya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johnny Eddizon Isir menegaskan, pihaknya akan terus mengawal dan melakukan pendampingan vaksin Covid-19 hingga pelaksanaan vaksinasi. Namun ia belum mendapatkan data total jumlah vaksin yang saat ini sudah masuk di Surabaya. (Baca juga: Begini Cara Pastikan Kualitas Vaksin Covid-19 Aman dan Efektif)

"Meski Surabaya menjadi rujukan RS Covid. Kita tetap harus lakukan sejumlah antisipasi penekanan penyebaran virus di Kota Surabaya. Oleh sebab itu pendistribusian vaksin hingga klinik atau puskesmas tetap dilakukan jika perlu," tegasnya.

Isir menuturkan, meskipun vaksin sudah ada masyarakat dihimbau tetap mentaati protokol kesehatan. Itu karena proses vaksinasi memerlukan waktu, bahkan meski sudah di vaksinasi juga diperlukan beberapa dekade untuk mengendalikan dengan vaksinasi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3755 seconds (0.1#10.140)