Hari Ini Puncak Arus Balik ke Jakarta lewat Tol Merak-Tangerang

Minggu, 03 Januari 2021 - 19:42 WIB
loading...
Hari Ini Puncak Arus Balik ke Jakarta lewat Tol Merak-Tangerang
Puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang melewati ruas jalan tol Merak-Tangerang menuju Jakarta terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Foto/Ist
A A A
SERANG - Puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru yang melewati ruas tol Merak-Tangerang menuju Jakarta terjadi hari ini, Minggu (3/1/2021). Jumlah lalu lintas kendaraan sebesar 137.000 kendaraan atau turun sekitar 3,7% dibanding periode tahun 2019 yang mencapai 147.000 kendaraan.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas PT Marga Mandala Sakti (Pengelola ASTRA Tol Tangerang-Merak) Uswatun Hasanah mengatakan, prediksi arus lalulintas tersebut merupakan gabungan dari lalin arus balik dan wisata liburan tahun baru 2021.

(Baca juga: Arus Balik Nataru, 144.550 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta)

Demi kenyamanan pengguna jalan, kata Uswatun Hasanah, ASTRA Tol Tangerang-Merak telah mengoptimalkan seluruh gardu transaksi yang terdapat di 10 gardu tol. "Selain itu kami juga menyediakan 40 mobile reader yang akan digunakan jika terjadi kepadatan di beberapa gerbang tol," kata dia.

(Baca juga: Mimpi Jembatan Baru Terwujud, Warga Blora Berhenti Naik Perahu Seberangi Bengawan Solo)

Guna membantu pemerintah memutus penyebaran COVID-19, ASTRA Tol Tangerang-Merak bekerja sama dengan kepolisian dan menyiapkan posko pengamanan dan posko kesehatan di seluruh rest area, serta pengaturan kapasitas rest area. "Jika terjadi penumpukan dan keramaian di rest area, diharapkan menggunakan rest area selanjutnya atau bisa menggunakan kantor gerbang tol tardekat," katanya.

Dia juga mengimbau agar pengguna jalan tetap mematuhi protokol kesehatan, dan menggunakan 4 Tempat Istirahat dan Pelayanan KM 43 dan 68 arah Merak, 68 dan 45 arah Jakarta dengan tiga peruntukan prioritas, yaitu beribadah, mengisi bahan bakar, dan ke toilet.

Tidak hanya itu, dia juga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan di beberapa gerbang tol, dengan demikian diharapkan arus balik libur Natal dan Tahun baru 2021 ini berjalan lancar, aman dan nyaman.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)