Memangsa Sapi Warga Aceh Singkil, Harimau Sumatera Ditangkap

Sabtu, 26 Desember 2020 - 13:41 WIB
loading...
Memangsa Sapi Warga Aceh Singkil, Harimau Sumatera Ditangkap
Seekor harimau sumatera yang beberapa waktu lalu memangsa ternak warga akhirnya masuk perangkap yang dipasang tim BKSDA di Desa Sulampi, Kecamatan Suro, Aceh Singkil, Aceh. Foto iNews TV/Ropi R
A A A
ACEH SINGKIL - Seekor harimau sumatera yang beberapa waktu lalu memangsa ternak warga akhirnya masuk kandang perangkap yang dipasang oleh tim Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) di Desa Sulampi, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Jumat (26/12/2020).

Harimau sumatera yang berjenis kelamin jantan dan panjang sekitar 2 meter ini sebelumnya sempat memangsa ternak sapi milik warga setempat.

Kepala Seksi Wil 2 BKSDA Aceh Hadi Sofyan mengatakan, sebelum dilakukan penangkapan harimau sumatera ini terlebih dahulu telah sempat dihalau untuk kembali ke dalam hutan. Namun diduga karena sedikitnya mata rantai makanan alaminya dia kembali menyatroni ternak warga beberapa waktu lalu.

(Baca: Gempar, Harimau Masuk Kampung dan Makan Ternak Lalu Berbaring di Depan Rumah Warga)

“Upaya penangkapan ini adalah upaya terakhir setelah berbagai upaya pengusiran dilakukan selama beberapa waktu terakhir tak kunjung membuahkan hasil,” kata Hadi Sopyan, Sabtu (26/12/2020).

Pihak BKSDA, kata dia, akan terus melakukan monitoring di lokasi untuk beberapa hari ke depan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya harimau lain di lokasi tersebut.

“Untuk menghindari konflik antara manusia dengan harimau tersebut tim BKSDA berencana akan mentranslokasikan harimau ini ke wilayah hutan lindung,” timpalnya.

(Bisa diklik: Tiga 'Koboi' Berupaya Menangkap Seekor Harimau yang Berkeliaran)


Sementara masyarakat yang penasaran dengan penangkapan harimau tersebut datang berbondong-bondong untuk menyaksikan proses evakuasi.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)