Jelang Misa Natal, Polres Salatiga Tingkatkan Pengamanan Gereja

Kamis, 24 Desember 2020 - 14:12 WIB
loading...
Jelang Misa Natal, Polres Salatiga Tingkatkan Pengamanan Gereja
Petugas Polres Salatiga saat memeriksa lingkungan gereja yang akan digunakan untuk Misa Natal. Foto/Ist
A A A
SALATIGA - Menjelang perayaan Natal, Polres Salatiga meningkatkan pengamanan puluhan gereja. Sejumlah gereja yang akan digunakan untuk Misa Natal disterilkan oleh personel Satuan Shabara Polres Salatiga.

Kasubbag Humas Polres Salatiga Kompol Imam Djoko Lelono mengatakan, beberapa hari sebelum pelaksanaan Misa Natal, semua geraja dijaga ketat oleh petugas kepolisian dan TNI.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya bahan peledak dan benda yang bisa membahayakan keselamatan jemaat gereja.

"Pengamanan sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu dengan patroli rutin dan menyambangi gereja-gereja. Sedangkan pengamanan gereja-gereja besar, kami menempatkan petugas dan membuat posko pengamanan," katanya, Kamis (24/12/2020).

Dia menjelaskan, dalam pengamanan natal, Polres Salatiga menggandeng sejumlah stake holder seperti instansi samping dan organisasi masyarakat.

Sedangkan penyisiran gereja sebelum perayaan natal merupakan salah satu prosedur tetap dalam pengamanan menjelang ibadah Natal.

Langkah-langkah pengamanan dilaksanakan secara optimal dengan menggunakan kekuatan pengamanan gabungan baik TNI, Polri maupun instansi samping dan potensi masyarakat yang ada.

(Baca juga: Katib ‘Aam PBNU Bekali Mahasiswa PTKI Genealogi Ekstremisme Radikalisme)

Pola pengamanan dan penjagaan juga memperhatikan kegiatan lokasi dan tingkat kerawanan tiap gereja sehingga semua terlindungi.

(Baca juga: Duh! Jembatan Ambruk, Gara-gara Truk Penuh Muatan Hebel Ikuti Google Maps)

"Langkah ini kami lakukan untuk memastikan bahwa seluruh geraja yang akan digunakan untuk Misa Natal dalam kondisi aman," pungkasnya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)