Biker Cimahi Naik Haji Pakai Motor Demi Doakan Kesembuhan Ibu

Rabu, 23 Desember 2020 - 16:46 WIB
loading...
Biker Cimahi Naik Haji Pakai Motor Demi Doakan Kesembuhan Ibu
Bambang Sukmana warga Kota Cimahi akan naik motor ke Mekkah guna menunaikan ibadah haji dan mendoakan kesembuhan ibundanya. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Berbekal sebuah motor dengan kapasitas mesin 200 cc, seorang warga Cibeber, Cimahi Selatan, Kota Cimahi , membulatkan tekad untuk solo riding bertolak ke Mekkah menunaikan ibadah haji .

Pria bernama Bambang Sukmana (44) ini, mengaku sudah meniatkan hal tersebut sejak 13 Oktober 2019 karena ingin membahagiakan orang tuanya yang mengalami stroke sejak 8 tahun lalu. Pada momentum Hari Ibu tahun ini, dirinya ingin membayar janjinya tersebut dan telah mendapat restu dari ibu dan keluarganya.

(Baca juga: Kemenag Usulkan Gunakan Vaksin COVID-19 Rekomendasi Arab Saudi untuk Calon Jamaah Haji)

"Sebenarnya ibu yang ingin berangkat haji, tapi kondisinya tidak memungkinkan karena sakit. Maka saya berharap dengan keberangkatan ini bisa mewakili ibu dan membahagiakannya," tutur Bambang, Rabu (23/12/2020).

(Baca juga: Risma Resmi Dilantik Jadi Mensos, Karangan Bunga Berdatangan ke Kediaman)

Dirinya berikrar ketika tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji dan bersimpuh di hadapan Kabah akan berdoa kepada sang kuasa agar ibunya bisa sembuh seperti sedia kala. Bambang mengaku sedih melihat kondisi wanita yang melahirkannya hanya terbaring lemas di tempat tidurnya selama 8 tahun ini.

Guna mewujudkan cita-citanya tersebut, pria yang akrab disapa Ibenk ini telah memutuskan untuk pensiun dini dari pekerjaannya sebagai PNS di Kementerian Pertahanan dan berdinas di Bandung. Sejak itulah dirinya mempersiapkan diri baik secara mental, fisik, psikis, hingga materi sebagai bekal perjalanan.

Setiap hari dirinya berlatih fisik dengan berlari puluhan kilometer. Tantangan cuaca dan medan perjalanan yang belum dikenal membuatnya harus benar-benar fit. Apalagi diprediksi perjalanan menggunakan motor ke Mekkah akan memakan waktu sekitar 5 bulan atau sebelum musim haji tiba.

Segala barang bawaan pun sudah dipersiapkan di side box. Seperti pakaian, peralatan camping, sparepart kendaraan, obat-obatan pribadi, hingga kelengkapan dokumen berkendara lintas negara seperti Carnet De Passage En Douane (CPD) atau paspor kendaraan bermotor, visa, serta surat keterangan No Objection Certificate (NOC) untuk di wilayah konflik.

Untuk rute yang akan dilaluinya, dia menyebutkan akan memulai perjalanan dari Cimahi ke Medan lalu menyeberang ke Malaysia difasilitasi Konsulat Jenderal (Konjen) Malaysia. Dari Medan, dia akan melanjutkan perjalanan melintasi Malaysia, Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, Irak, UEA, Yordania, Israel, Arab Saudi, dan Mesir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)