H-3 Natal, Pelabuhan Bakauheni Mulai Dipadati Penumpang

Selasa, 22 Desember 2020 - 06:00 WIB
loading...
H-3 Natal, Pelabuhan Bakauheni Mulai Dipadati Penumpang
Antrean kendaraan roda empat terlihat saat memasuki kawasan Pelabuhan Bakauheni, Senin (21/12/2020). Foto: iNwes/Heri Fulistiawan
A A A
LAMPUNG - Tiga hari menjelang libur Natal dan tahun baru 2021 di Pelabuhan Bakauheni Lampung , mulai dipadati penumpang, baik pejalan kaki hingga kendaraan roda empat. Dibanding hari biasa, berdasarkan data puluhan ribu penumpang telah menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang PT ASDP Bakauheni telah menyiapkan puluhan kapal berukuran besar, meskipun pemerintah mewajibkan para penumpang untuk rapid test antigen sebagai syarat untuk menyeberang, di perkirakan lonjakan penumpang akan terus terjadi.

Terlihat antrean kendaraan roda empat, truk dan kendaraan bus di pintu tolgate dermaga eksekutif maupun regular, para petugas pun harus bekerja lebih ekstra untuk melayani para calon penumpang kapal tersebut. (Baca Juga: Tolak Rapid Test di Pelabuhan Bakauheni, Ratusan Massa Pendukung Habib Rizieq Gagal ke Jakarta)

Pada umumnya para penumpang tersebut melakukan perjalanan saat ini untuk menghindari kemacetan di Pulau Jawa setelah turun kapal saat tiba di Pelabuhan Merak-Banten dan juga dapat beristirahat lebih lama berlibur di kampung halamannya. Mereka juga telah menyiapkan berkas kesehatan dan perlengkapan protokol kesehatan mengingat arus mudik libur panjang saat ini masih di tengah pandemi COVID-19.

Saat berada di dalam kapal para penumpang tersebut dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. “Sengaja kami mudik lebih awal agar nanti tidak terlalu macet saat sampai di jakarta, agar waktu istirahat juga lebih lama,” kata Manaf, salah satu penumpang kendaraan roda empat. (Baca Juga: Memalukan, Seorang Advokat di Kota Medan Tertangkap Mencuri Sepeda Motor)

Lain lagi dengan salah seorang penumpang pejalan kaki, Eric Saputra. Dia mengaku, berangkat dari Lampung tujuan Jakarta dalam rangka hajatan keluarga. “Tujuan Jakarta, acara nikahan saudara,” tuturnya. (Baca Juga: Ratusan Makam Terbongkar, Warga Ngeri Lihat Kain Kafan Berserakan dan Tulang Jenazah)

Berdasarkan data dari PT ASDP Bakauheni, pihaknya pada hari ini telah menyeberangkan penumpang kendaraan roda empat bus dan truk berjumlah 3.439 unit kendaraan. kendaraan roda dua berjumlah 446 unit, sementara untuk penumpang pejalan kaki dan di atas kendaraan berjumlah 14.565 orang.

Diketahui pada hari ini lonjakan penumpang sejak kemarin mencapai 90-100% dibanding hari biasanya. Diprediksi puncak arus libur natal dan dan tahun baru terjadi pada hari rabu dan kamis tanggal 23-24 Desember 2020dan tanggal 31 Desember 2020.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)