Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Nataru, Kemenhub Pantau Kesiapan Pelayaran

Senin, 21 Desember 2020 - 18:26 WIB
loading...
Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik Nataru, Kemenhub Pantau Kesiapan Pelayaran
Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, memantau kesiapan pelayaran di Kota Ternate, Maluku Utara. Foto/iSmail Sangajai
A A A
TERNATE - Menjelang Natal dan Tahun Baru ( Natura ) tahun 2021, Direktorat Jendral (Ditjen) Perhubungan Laut, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melakukan monitoring dan evaluasi kesiapan transportasi laut disejumlah pelabuhan di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut).

(Baca juga: Banyuwangi Gempar, Ada Pria Salat di Tengah Jalan Raya, Polisi Buru Pelakunya )

Ditjen Pergubungan Laut Kemenhub, melalui Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt Hermanta di dampingi Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona, kepada sejumlah wartawan, Senin (21/12/2020) mengatakan, kegiatan monitoring dan evaluasi untuk di laut, darat dan udara di Kota Ternate, bersifat serentak untuk persiapan Natura .

"Monitoring ini agar siap menjamin saudara-saudara kita yang melaksanakan perayaan Natura . Karena pemerintah di seluruh daerah itu harus siap, sehingga saya memantau tadi ini di wilayah KSOP Ternate, sudah sangat siap," katanya.



Menurutnya, hasil pemeriksaan di beberapa pelabuhan seperti Pelabuhan Ahmad Yani, Pelabuhan Semut Mangga Dua, dan Pelabuhan Fery Bastiong, sudah bagus, tetapi masih perlu ditingkatkan soal kebersihannya.

"Tentunya kita berupaya maksimal dari Kemenhub dan UPT-UPT di lapangan sesuai arahan Pak Menteri Perhubungan, dan Dirjen Perhubungan laut, untuk senan tiasa siap 24 jam setiap hari, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya

Lanjutnya, dirinya juga sangat senang saat melakukan monitoring, karena didampingi turun lapangan bersama general menejer pelabuhan dan kepala KSOP kelas II Ternate, untuk memastikan bahwa kapal-kapal yang berlayar.

(Baca juga: Tangis Karyawan RSUD Kota Mojokerto Pecah, Lepas Perawat yang Meninggal Akibat COVID-19 )

"Dari sisi kesiapan utamanya saya liat sudah cukup baik, dan saya liat langsung semua penumpang mempunyai tiket kesiapan untuk menyebrang, dan semua memakai life jaket. Karena tiket itu bagian dari tanggungjawab asuransi jaminan kecelakaan ," jelasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)