Pulang Outbound dari Bogor, Sekda Pemda Lahat Wafat Terpapar COVID-19

Senin, 21 Desember 2020 - 12:50 WIB
loading...
Pulang Outbound dari Bogor, Sekda Pemda Lahat Wafat Terpapar COVID-19
Foto dokumentasi kegiatan outbond para pejabat Pemda Lahat, Sumatera Selatan.Foto/ist
A A A
LAHAT - Sekretaris Daerah Pemkab Lahat Januarsyah meninggal dunia akibat terpapar COVID-19. Sebelumnya, Januarsyah menjalani perawatan di Palembang, Sumatera Selatan.

Beberapa waktu sebelumnya, Kepala Balitbang Lahat Agung Pribadi meninggal dunia juga dengan status positif COVID-19. Diketahui,Sekda dan Kepala Balitbang sama-sama baru pulang dari kegiatan outbound di Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya Bupati, Wakil Bupati, Sekda Lahat dan 42 pejabat Pemkab Lahat pergi outbound ke Bogor, Jawa Barat, 2-5 Desember 2020. Padahal Pemkab sebelumnya gencar mengimbau warganya tidak keluar kota selama pandemi COVID-19.

(Baca juga: Wisatawan Mulai Berjubel Masuk Bali, 13 Orang Positif COVID-19 )

Kenyataanya Sekda Lahat Januarsyah Hambali dan Kepala Balitbang Agung Pribadi dinyatakan positif COVI-19 sepulang dari Bogor. Selain itu 45 pejabat beserta keluarga dilakukan swab.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Pemkab Lahat, Taufiq M Putra sekaligus Plt Kepala Dinkes Pemkab Lahat, membenarkan 45 pejabat yang ikut outbond di Bogor sudah diswab. Hasilnya tiga orang positif COVID-19 dan dua orang yakni Sekda Lahat dan Kepala Balitbang meninggal dunia.

Dijelaskan Taufiq, dua pejabat yang meninggal ada riwayat penyakit permulaan. Keterangan dari dokter ahli penyebab meninggalnya ini memang karena ada penyakit penyerta atau komorbid yakni hipertensi.

"Akan tetapi untuk tertularnya ketiga pejabat tersebut bisa di mana saja, terlebih saat diperiksa oleh petugas di sana tidak ada yang reaktif,” katanya.

(Baca juga: 154.845 Personel Diterjunkan Dalam Operasi Lilin Semeru 2020 )

Terlebih, ketiganya sempat melakukan aktifitas lain, kemungkinan terpapar di tempat lain bisa saja terjadi. Namun hingga saat ini belum diketahui.

“Kami berharap agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya. Tetap menggunakan masker, mencuci tangan maupun menjaga jarak,” kata Taufiq.

Dan berdasarkan informasi hingga kini sudah ada tiga pejabat di Lahat yang terpapar covid-19, namun satu lagi sudah menjalani isolasi dan tidak diketahui dengan alasan privasi.

Menurut ajudan Sekda Lahat Ahmad Azizan, memang sebelumnya kondisi kesehatan Sekda Januarsyah menurun sepulang dari Bogor. "Kalau firasat sebelum meninggal beliau ini kerap melontarkan permohonan maaf kepada orang yang menemuinya,” ungkapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)