Jalan Rusak, Jalur Pantura Pemalang hingga Plelen Batang Ditambal

Senin, 21 Desember 2020 - 11:14 WIB
loading...
Jalan Rusak, Jalur Pantura Pemalang hingga Plelen Batang Ditambal
Jalan Rusak, Jalur Pantura Pemalang hingga Plelen Batang Ditambal. Foto/SINDOnews/Suryono Sukarno
A A A
PEKALONGAN - Kondisi jalan Pantura Pemalang - Pekalongan - Batang - Plelen mengalami kerusakan berupa timbulnya lubang cukup dalam dan lebar.

Lubang terjadi di sejumlah titik, luas berkisar setengah meter hingga satu meter bahkan lebih dengan kedalaman 5 cm - 15 cm.

Pejabat Pembuat Komitmen 1.2 Provinsi Jawa Tengah , Jodi Pujiadi Hutomo menuturkan, timnya terus bekerja keras melakukan penanganan sepanjang ruas tersebut.

“Kegiatan pemeliharaan rutin. Kondisi merupakan pemeliharaan rutin pada pengerasan jalan maupun di luar perkerasan jalan sepanjang ruas jalan Pemalang-Pekalongan-Batang-Plelen yang bertujuan menjaga kondisi kemantapan dan kinerja jalan nasional dengan pemeliharaan perkerasan jalan (patching dan pemeliharaan perkerasan beton), pengendalian tanaman, pemeliharaan bahu jalan dan drainase samping, serta pemeliharaan struktur penunjang dan fasilitas pelengkap jalan”, tutur Jodi dari Kantor PPK 1.2 Provinsi Jateng di Plelen, Senin (21/12/2020).

Disebutkan, jenis perkerasan beraspal memang memiliki potensi kerusakan yang lebih tinggi pada saat musim penghujan dibandingkan perkerasan beton.

Daya rekat aspal akan berkurang ketika terkena air ditambah lagi dengan frekuensi dan beban kendaraan tonase tinggi dari kendaraan berat yang melintas di jalur Pantura.

(Baca juga: 411 Personel Gabungan Disiagakan untuk Amankan Nataru dan Tertib Prokes)

"Sisa lubang yang masih harus ditangani sebanyak 203 lubang per 20 Desember 2020. Total penanganan lubang yang telah dilakukan sejak bulan Januari 2020 sebanyak 5.493 lubang," jelasnya.

(Baca juga: Perbaikan Jalan Berlubang di Jalur Pantura Losari Terkendala Cuaca)

Jodi menyebutkan untuk kejar target tutup lubang ada 3 tim sapu lubang yang diterjunkan setiap hari untuk menangani lubang-lubang tersebut dengan patching modul.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)