Milad Ke-60 UAD, Tujuh Inovasi Ini Dikembangkan untuk Tangani COVID-19

Minggu, 20 Desember 2020 - 00:16 WIB
loading...
A A A
"Untuk memenuhi kebutuhan cairan pencuci tangan yang sangat tinggi, khususnya awal pandemi mendorong UAD memproduksi handsanitizer secara massal. Seluruh proses produksi dilakukan dosen farmasi di Laboratorium Teknologi Kefarmasian UAD," terangnya.

Inovasi buku pembelajaran masa pandemi COVID-19 untuk membantu para guru agar lebih mudah mengelola pembelajaran. Melalui buku-buku itu diperoleh gambaran situasi pembelajaran dan inovasi yang dilakuka guru serta orang tua dalam menjadikan anak-anak surrvive belajar di masa pandemi. "Selain itu juga sebagai referensi dan data sekunder penelitian mencari solusi pembelajaran berkeadilan di masa pandemi COVID-19," ungkapnya.

Sedangkan inovasi pembelajaran radio komunitas merupakan solusi pembelajaran jarak jauh bagi daerah-daerah terpencil yang tidak terjangkau jaringan internet. Para dosen UAD diterjunkan untuk pelatihan pembelajaran berbasis radio komunitas kepada guru-guru di daerah terpencil.

“Pembelajaran ini diterapkan di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Tidak kurang dari 12 sekolah, tiga taman kanak-kanak (TK), lima Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dua Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/K),” katanya.

Tim Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) UAD juga berhasil menciptakan portal otomatis versi 1.0 yang dilengkapi dengan handsanitizer otomatis. "Alat ini sudah diproduksi massal dan ditempatkan di tempat strategis seperti masjid," jelasnya.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)