Menelusuri Kisah Raja Nong Isa, Penguasa Pertama Pulau Batam

Sabtu, 19 Desember 2020 - 05:00 WIB
loading...
Menelusuri Kisah Raja Nong Isa, Penguasa Pertama Pulau Batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad berziarah ke makam zuriat Raja Nong Isa di kawasan Nongsa Pantai, Nongsa, Kota Batam. Foto/SINDOnews/Dicky Sigit Rakasiwi
A A A
BATAM - Bagi masyarakat asli Batam nama Raja Nong Isa pasti sudah tidak asing lagi. Raja Nong Isa atau Raja Isa bin Raja Ali adalah penguasa atau juga bisa dikatakan orang yang pertama merintis cikal bakal Pulau Batam menjadi kota seperti sekarang ini.

Raja Nong Isa, yang membuka Kampung Nongsa di Utara Pulau Batam. Dalam buku Nong Isa, Tonggak Awal Pemerintahan Batam, yang ditulis Ahmad Dahlan, Aswandi Syahri, dan Edi Sutrisno, Nong Isa bernama Raja Isa.

(Baca juga: Mengenang Arif Yoshizumi, Tokoh Intel Jepang Binaan Tan Malaka yang Gugur di Blitar)

Menelusuri Kisah Raja Nong Isa, Penguasa Pertama Pulau Batam

Ayahnya adalah Raja Ali, putra Daeng Kemboja Yang Dipertuan Muda Riau III, yang menggantikan Raja Haji Fisabilillah sebagai Yang Dipertuan Muda Riau sebagai Yang Dipertuan Muda Riau V. Ibu kandungnya bernama Raja Penuh binti Sultan Salehuddin, Sultan Selangor. Sedangkan istrinya bernama Raja Buruk binti Raja Abdulsamad ibni Daeng Kamboja atau Engku Wok atau Engku Wuk. Selain itu, ia juga mempunyai istri kedua yang tidak diketahui namanya.

(Baca juga: Cerita Makam Keramat dengan Panjang 12 Meter di Batanghari Jambi)

Dalam arsip-arsip Belanda, Raja Isa dipandang sebagai tokoh penting dalam keluarga diraja Riau di Pulau Penyengat, dan namanya dicatat dan sejajar dengan tokoh lain seperti Raja Jakfar Yang Dipertuan Muda Riau VI dan lain-lain.

Menurut catatan Resident Riouw, LC Von Ranzouw, Raja Isa menjabat sebagai opvolger atau Kelana calon pengganti Raja Jakfar bila Yang Dipertuan Muda Riau itu mangkat. Jabatan Kelana itu adalah salah satu jabatan yang penting dalam hierarki kerajaan Riau-Lingga-Johor-dan Pahang, sebagaimana pernah disandangkan di pundak Raja Haji Fisabilillah.

Raja Nong Isa adalah penguasa yang pertama yang ada di Pulau Batam yang saat itu berpusat di Nongsa. Setelah dibuka oleh Raja Nong Isa, perlahan-lahan Nongsa berkembang menjadi sebuah pelabuhan yang penting menggantikan kawasan pelabuhan di sekitar Selat Bulang yang mulai sepi ditinggalkan sejak Temenggung Abdulrahman pindah ke Singapura tahun 1818.

Sejak 1829, Nongsa mengambil alih fungsi Selat Bulang. Semua kapal yang berasal dari Riau (Tanjungpinang, Pulau Penyengat) dan pulau-pulau di Selatan Pulau Bintan singgah terlebih dahulu di Nongsa sebelum menyeberang ke Singapura. Pengukuhan Raja Isa memegang perintah atas Nongsa dan rantau sekitarnya atas nama Sultan Abdulrahman Syah Lingga-Riau (1812-1832) dan Yang Dipertuan Muda Riau Raja Jakfar (1808-1832) amat penting bagi perjalanan sejarah Batam.

Peristiwa tersebut menandai sebuah babak baru dalam perjalanan sejarah pemerintahan lokal di Batam. Dan, dalam kenyataannya, momentum historis ini adalah penanda yang diwariskan kepada penerus-penerus pemerintahan lokal di Batam yang silih berganti memegang pucuk pemerintahan tertinggi di Batam sejak tahun 1829 hingga saat ini.

Pada tahun sekitar 1829, Raja Nong Isa mendapatkan sebuah mandat dari Sultan Riau dan juga diberikan perintah oleh Muda Riau VI agar memerintah pada kawasan Nongsa dan juga wilayah sekitarnya. Surat mandat yang diberikan kepada Nong Isa tersebut dikeluarkan pada tanggal 22 Jumadil Akhir 1245 Hijriah ataupun juga bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1829.

Tanggal ini ditetapkan untuk hari jadinya Kota Batam dan nama Raja Nong Isa sendiri diabadikan menjadi nama salah Kecamatan yang ada di Kota Batam yakni Kecamatan Nongsa. Setiap tanggal 18 Desember yang saat ini menjadi hari jadi Kota Batam, selalu diadakan ziarah oleh pimpinan kota Batam yakni Wali Kota Batam beserta rombongan ke kompleks pemakaman keluarga Nong Isa yang berada di kawasan Nongsa Pantai, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2020 ini pihak Pemkot Batam juga memperingati hari jadi Kota Batam dengan berziarah ke lokasi tersebut. Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, berziarah ke makam zuriat Raja Nong Isa pada Kamis (17/12/20).

Ziarah zuriat makam Raja Nong Isa tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-191 Kota Batam pada tahun 2020 ini. Ziarah ini juga didampingi tokoh-tokoh Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam.

Pada kesempatan ini, Walikota Batam Muhammad Rudi meminta, prosesi ziarah yang tiap tahun dilakukan di makam zuriat Raja Nong Isa ini harus dimaknai sebagai perenungan kembali, mengingatkan betapa panjangnya jalan yang sudah dilalui oleh Kota Batam. Di mana menurut Rudi, Raja Nong Isa sudah memberi dasar bagi Batam.

"Jadi sekarang ini kita bersama adalah melanjutkan pembangunan, membawa Batam tumbuh menjadi kota yang mendiri, kuat, sehat, dan berdaya saing tinggi," ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Perhimpunan Zuriat Raja Riau Lingga Kota Batam Raja Gani menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkot Batam yang rutin setiap tahun memberikan bantuan untuk perhelatan ziarah zuriat makam Nong Isa.

"Kita harapkan seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar setiap tahunnya," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)