Kapal Bocor di Tengah Laut, 6 ABK KM Riski Laut Berhasil Diselamatkan

Jum'at, 18 Desember 2020 - 09:15 WIB
loading...
Kapal Bocor di Tengah Laut, 6 ABK KM Riski Laut Berhasil Diselamatkan
Tim SAR mengevakuasi ABK KM Riski Laut 01, dan KM Riski Laut 03. Foto/Dok. SAR
A A A
SURABAYA - Tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya berhasil menyelamatkan sebanyak enam orang ABK (Anak Buah Kapal) KM Riski Laut 01, dan KM Riski Laut 03, pada Jumat (18/12/2020) pukul 02.30 WIB.

(Baca juga: Selama 6 Jam Terdengar 5 Kali Suara Gemuruh Akibat Guguran Dari Puncak Merapi )

Adapun identitas dari ketiga ABK KM Riski Laut 01, yaitu Abdur Rahman (Nahkoda), Moh. Faisol (KKM), dan Agus Santoso ( ABK ). Sedangkan identitas ABK KM Riski Laut 03, yaitu Usman Ali Wafa (Nahkoda), Syamsul Arifin (KKM) dan Akrawi ( ABK ).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo selaku SAR Mission Coordinator (SMC) mengatakan, keenam ABK KLM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03 ini kemudian dibawa menuju ke Pelabuhan Gresik.

Setibanya di Pelabuhan Gresik, dan dimintai keterangan oleh petugas, keenam ABK KLM Riski Laut 01, dan KLM Riski Laut 03 ini dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik, untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

(Baca juga: Astaga, Guru Ngaji di Pringsewu Tega Jejali 2 Muridnya Obat Perangsang Hingga Kejang-kejang )

Dalam upaya evakuasi keenam ABK ini, Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu tim operasi yang beranggotakan empat orang dengan menggunakan satu unit RIB (Rigit Inflatable Boat) atau kapal cepat.

"Alhamdulillah upaya penyelamatan enam ABK ini berlangsung dengan cepat dan aman. Ini berkat informasi yang cepat diberikan kepada Kami, sehingga Kami pun bisa segera memberikan respon upaya penyelamatan," ungkap Hari.



Keberhasilan dalam penyelamatan para ABK KM Riski Laut 01, dan KM Riski Laut 03 ini juga berkat kerjasama dari Syahbandar Probolinggo, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, VTS Surabaya, SROP Surabaya dan Syahbandar Gresik.

Menurut penuturan ABK yang diselamatkan, kejadian yang mereka alami berawal ketika mereka berlayar dari pelabuhan Tanjung Perak, menuju ke pelabuhan Patimban, Jawa Barat, pada Kamis (17/12/2020) sekitar pukul 21.30 WIB.

(Baca juga: Saling Ejek, Dua Kelompok Remaja di Medan Saling Lempar Batu di Tengah Kota )

Saat melintas di sekitar perairan Karang Jamuang, pada pukul 22.00 WIB, KLM Riski Laut 03 mengalami kebocoran dan kerusakan pada gearbox. Kondisi ini menyebabkan tiga orang ABK KLM Riski Laut 03 pindah ke KLM Riski Laut 01, dan selanjutnya meminta bantuan evakuasi.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.7989 seconds (0.1#10.140)