Pilwalkot Makassar, Habis Kotak Kosong Sekarang Mantan Wali Kota yang Unggul

Kamis, 10 Desember 2020 - 06:41 WIB
loading...
Pilwalkot Makassar, Habis Kotak Kosong Sekarang Mantan Wali Kota yang Unggul
Pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi saat ini unggul atas kandidat lain, berdasarkan hasil quick count lembaga survei. Foto iNews TV
A A A
MAKASSAR - Ada yang unik di pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwalkot) Makassar. Mohammad Ramdhan Pomanto ( Danny Pomanto ) yang berpasangan dengan Fatmawati Rusdi saat ini unggul atas kandidat lain, berdasarkan hasil quick count lembaga survei.

Danny Pomanto adalah Wali Kota Makassar periode, 2014-2019. Saat Pilwalkot Makassar tahun 2018 lalu, dia sempat maju jadi calon wali kota incumbent. Tetapi pencalonan Danny kemudian dibatalkan KPU setempat dengan alasan pelanggaran administrasi. Meski telah menempuh berbagai upaya hukum, namun dia yang kala itu berpasangan dengan Indira Mulyasari tetap gagal maju.
(Baca: PDIP Anggap Kekalahan di Blitar Peristiwa Luar Biasa)

Tak jadi maju sebagai calon wali kota, satu-satunya rival Danny saat itu, Munafri Arufuddin yang berpasangan Andi Rachmatika Dewi, akhirnya bertarung melawan kotak kosong.

Tragisnya, dari hasil perhitungan KPU, suara kotak kosong lah yang unggul. Akhirnya, tak ada yang terpilih menjadi Wali Kota Makassar.

Danny Pomanto sendiri sempat kembali melanjutkan sisa jabatannya sebagai wali kota. Dia kemudian mengakhiri tugasnya sebagai wali kota pada 8 Mei tahun 2019.
(Bisa diklik: Main Korek Api, Sekujur Tubuh Balita di Lampung Utara Terbakar)

Sempat menjadi pensiunan wali kota selama satu tahun lebih, atau 18 bulan, Danny kemudian berpasangan dengan Fatmawati Rusdi maju di Pilkada Kota Makassar atau Pilwalkot pada 2020 diusung Partai Nasdem dan Gerindra. Kali ini lawannya adalah ada tiga pasangan calon termasuk rivalnya dulu saat gagal maju yakni Munafri Arifuddin berpasangan Abdul Rahman Bando.

Sementara dua rivalnya yang lain juga bukan orang sembarangan dan juga telah dikenal luas masyarakat Makassar yakni, Syamsu Rizal (Daeng Ical) berpasangan dr Fadli Ananda, yang tidak lain adalah wakil Danny saat menjadi Wali Kota Makassar periode 2014-2019.

Satu paslon lainnya adalah Irman Yasin Limpo yang tidak lain adalah adik Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo (mantan Gubernur Sulsel dua periode), berpasangan dengan putra Nurdin Halid (mantan Ketua PSSI) Andi Zunnun NH.

Hebatnya, dari hasil quick count versi LSI Deny JA hingga pukul pukul 17.30 Wita, dan data yang masuk sementara baru 99.20%. Danny-Fatma sudah unggul 41,38%, disusul Appi-Rahman 34,79%, Daeng Ical- Fadly Ananda 19,09% dan Irman YL-Zunnun 4,74%. Dengan hasil itu, peluang dia menjadi Wali Kota Makassar lagi semakin besar.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)