Polemik Pembangunan Islamic Center, Wabup Suyono Perlu Ketegasan Pemerintah

Selasa, 08 Desember 2020 - 20:32 WIB
loading...
Polemik Pembangunan Islamic Center, Wabup Suyono Perlu Ketegasan Pemerintah
Wakil Bupati Batang Suyono saat rapat terpadu lengkap alih fungsi lahan pangkalan truk menjadi Islamic Center. (Istimewa)
A A A
BATANG - Alih fungsi lahan pangkalan truk menjadi Islamic Center yang berada di Dukuh Petamanan Desa, Kecamatan Banyuputih masih menuai penolakan warga.

Pembangunan Islamic Center direncanakan akan menghabiskan APBD sebesar Rp37 miliar yang akan dilaksanakan secara dua tahap yakni di tahun 2021 dan 2022.

Menanggapi polemik tersebut Wakil Bupati Batang, Suyono meminta ada solusi tanpa kekerasan untuk mengatasi penolakan sejumlah warga atas pembangunan Islamic Center Kabupaten Batang. "Jangan sampai ada kekerasan dalam mencari jalan tengah atas polemik penolakan pembangunan Islamic Center Kabupaten Batang," jelasnya, Selasa (8/12/2020).

Menurutnya, Pemkab sudah melakukan sosialisasi hingga teguran, namun hingga kini masih ada kendala yang muncul. "Untuk itu harus ada solusi, namun kami tidak mau ada perpecahan dalam mencari titik tengah dalam persoalan tersebut," kata Suyono.

Suyono juga meminta ada ketegasan jika hingga akhir Desember tidak ada titik temu. "Negara punya kewajiban mengubah hal yang tidak baik menjadi baik. Kalau ada tindakan penolakan terus sebenarnya tindakan itu melawan hukum, karena tanah tersebut milik negara," paparnya.

Ia meminta Kabag Hukum, dan OPD yang terkait dalam hal pembangunan Islamic Center Kabupaten Batang menyiapkan data. "Nanti data tersebut dibawa dalam kunjungan bersama untuk menindaklanjuti dan mencari solusi, bersama pihak yang melakukan penolakan," katanya.

Ia menambahkan, jika kunjungan dan sosialisasi tetap tidak diterima, berarti Pemkab punya hak untuk melaksanakan pembangunan. "Termasuk uang bantuan, jika tidak diterima akan dikembalikan ke kas daerah. Yang penting harus melangkah secara baik dan tidak dengan cara kasar. Intinya keputusan Pemda membangun Islamic Center Batang sudah final dan tetap akan dilakukan," pungkasnya.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6061 seconds (0.1#10.140)