alexametrics

Bima Arya Waspadai Ledakan Kasus COVID-19 Jelang Idulfitri

loading...
Bima Arya Waspadai Ledakan Kasus COVID-19 Jelang Idulfitri
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mewaspadai terjadi lonjakan atau ledakan kasus baru positif virus Corona atau COVID-19 menjelang Idulfitri. SINDOnews/Haryudi
A+ A-
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiartomewaspadai terjadi lonjakan atau ledakan kasus baru positif virus Corona atau COVID-19 menjelang Idulfitri. Meskipun saat ini kasus positif COVID-19 di Kota Bogor mulai melandai.

"Kurva COVID-19 Kota Bogor yang cenderung melandai menandakan belum aman. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi ledakan menjelang Idulfitri, jika ada kelonggaran dari upaya yang (sudah dan sedang) dilakukan," katanya, Selasa (12/05/2020). (Baca juga; Pandemi COVID-19, Pemkot Bogor Usulkan Perpanjangan PSBB Tahap 3)

Bima menambahkan, strategi untuk menangani COVID-19 sangat tergantung pada seberapa masif melakukan tes, baik Rapid maupun Swab Test serta seberapa cepat diketahui hasilnya. Tes secara massal diharapkan dilakukan secara rutin di tempat-tempat keramaian bersama sejumlah instansi, seperti Pemprov Jawa Barat maupun Badan Intelejen Negara (BIN).

"PSBB tidak ada artinya jika tidak diimbangi dengan tes massal seperti ini. Pemkot Bogor berterima kasih sekali karena dibantu BIN dalam pelaksanaan Rapid Test yang ditindaklanjuti dengan Swab Test apabila ada indikasi positif atau reaktif," katanya.



"Seperti pasar dan stasiun diduga menjadi dua epicentrum utama penyebaran Covid-19. Untuk stasiun, kita sedang membuat aturan bagi penumpang agar benar-benar bisa menjaga jarak," lanjutnya. (Baca juga; PSBB Skala Provinsi Sukses Tekan Laju Kasus Positif COVID-19 di Jawa Barat)

Sedangkan khusus untuk pasar, pihaknya akan menyoroti saat menjelang Idul Fitri. Sebab dipastikan bakal banyak ditemukan pelanggaran, baik social distancing maupun dalam hal unit ekonomi yang tidak dikecualikan yang masih tetap buka.



"Yang jelas dengan tes massal kita berupaya untuk mengimbangi. Insya Allah, minggu ini akan kembali dilaksanakan tes serupa ditempat yang sama. Akan kita rutinkan dan frekuensinya kita tinggikan," ujarnya.
(wib)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak