Kata Maaf Tak Cukup, Aliansi Masyarakat Cinta NKRI: Habib Rizieq Harus Diproses Hukum

loading...
Kata Maaf Tak Cukup, Aliansi Masyarakat Cinta NKRI: Habib Rizieq Harus Diproses Hukum
Aliansi Masyarakat Cinta NKRI menuntut Habib Rizieq Shihab diproses hukum atas kasus kerumunan massa pendukungnya melalui aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Cirebon, Sabtu (5/12/2020). Foto-Video/Istimewa
BANDUNG - Aliansi Masyarakat Cinta NKRI mendukung penuh aparat penegak hukum memproses pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Mereka menilai, pernyataan maaf yang disampaikan Habib Rizieq baru-baru ini tak cukup bagi orang yang sudah melakukan tidak pidana untuk lolos dari jerat hukum sekalipun tindak pidana ringan. Hal tersebut disampaikan mereka melalui aksi unjuk rasa yang digelar di depan Kantor Bupati Cirebon, Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/12/2020).

"Semua tindakan yang telah memenuhi unsur pidana harus diproses berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku," tegas koordinator aksi, Agus B Rijal dalam keterangan resminya.

(Baca juga: MUI Jabar Sebut Para Pelaku Azan Jihad Cukup Diedukasi, Ini Alasannya )



Agus kembali menegaskan bahwa tuntutan tersebut disampaikan karena Indonesia adalah negara hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 1 Ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945.

"Dalam konteks ini, permintaan maaf tidak cukup bagi seseorang yang telah melakukan tindak pidana untuk bisa lolos dari sanksi hukum sekalipun perbuatan pidana tersebut masuk kategori ringan," jelasnya.

Mencermati dinamika masyarakat yang berkembang pascakepulangan Habib Rizieq akhir-akhir ini, lanjut Agus, pihaknya juga mengajak masyarakat Cirebon, terutama umat muslim untuk tidak mudah terprovokasi dan menjaga situasi Cirebon yang selama ini sejuk dan kondusif.



"Kami imbau masyarakat Cirebon tak mudah terprovokasi, seperti munculnya video tujuh orang yang mengumandangkan azan 'hayya awal jihad'. Hal ini menunjukkan ketidaktahuan oknum umat Islam itu tentang jihad. Mereka hanya Ikut-ikutan atas seruan Habib Bahar Smith melalui medsos untuk membela Rizieq Shihab," bebernya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top