Akibat Tak Disiplin, 1.513 Warga Purwakarta Positif COVID-19

Jum'at, 04 Desember 2020 - 18:30 WIB
loading...
Akibat Tak Disiplin, 1.513 Warga Purwakarta Positif COVID-19
ilustrasi
A A A
PURWAKARTA - Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 secara akumulatif di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat tembus 1.513 orang selama pandemi. Jumlah warga yang terpapar itu dominan disebabkan orang dalam perjalanan sehingga mengakibatkan terjadi beberapa klaster penularan.

Klaster penularan selama ini banyak terjadi di industri, instansi di pemerintah, perbankan dan keluarga. Sehingga banyak karyawan atau pegawai yang harus menjalani isolasi di beberapa tempat.

(Baca juga: 2 Tempat Isolasi untuk Pasien COVID-19 Disiapkan Pemkot Cimahi, Lokasinya Masih Rahasia )

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Purwakarta melansir, meskipun jumlah warga yang terpapar mencapai angka itu, namun tingkat kesembuhan juga cukup besar, yakni sebanyak 1.022 orang. Rata-rata kesembuhan sebanyak 5 orang setiap harinya. diantaranya telah dinyatakan sembuh.



"Hari ini, terjadi penambahan warga terkonfirmasi positif sebanyak 20 orang yang sembuh sebanyak 5 orang. Angka kematian hingga hari ini berjumlah 61 orang. Sedangkan untuk pasien konfirmasi positif aktif hari ini berjumlah 430 orang," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Kabupaten Purwakarta, Deni Darmawan, Jumat (4/12/2020).

Sementara itu, tingkat kesadaran warga untuk mematuhi prokes masih terbilang rendah. Masih banyak warga yang tak mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

(Baca juga: 24 Tenaga Medis dari Jakarta Dikirim ke RSHS, Ada Apa? )

Berbagai alasan sehingga mereka melanggar Prokes, selain merasa sesak ketika bermasker hingga lupa dan tertinggal di rumah. Tidak hanya itu sejumlah warga pun kerap membandel dengan menggelar acara-acara seremonial yang mengakibatkan kerumunan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)