Survei Pamungkas ARC Indonesia: Machfud–Mujiaman Unggul di Pilkada Surabaya

Jum'at, 04 Desember 2020 - 14:37 WIB
loading...
Survei Pamungkas ARC Indonesia: Machfud–Mujiaman Unggul di Pilkada Surabaya
Accurate Research And Consulting (ARC) Indonesia merilis survei pemilihan Wali Kota Surabaya 2020, dimana pasangan yang akan bertarung yaitu Machfud Arifin – Mujiaman serta Eri – Armudji. Hasilnya, pasangan Machfud Arifin - Mujiaman unggul dengan elektabi
A A A
SURABAYA - Accurate Research And Consulting (ARC) Indonesia merilis survei pemilihan Wali Kota Surabaya 2020, dimana pasangan yang akan bertarung yaitu Machfud Arifin – Mujiaman serta Eri – Armudji. Hasilnya, pasangan Machfud Arifin - Mujiaman unggul dengan elektabilitas 49,81 persen. Sedangkan Eri – Armudji mencapai 41,27 persen. Sebanyak 8,9 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Dari sisi popularitas, Machfud Arifin juga mengungguli Eri Cahyadi. Secara popularitas, Machfud Arifin mendapatkan 91,51 persen. Sementara Eri Cahyadi 87,25 persen. Sementara terkait calon wakil wali kota, secara popularitas Armuji lebih unggul dari pada Mujiaman. Armuji 85,76 persen. Sementara Mujiaman 70,29 persen.

“Dari kemantapan memilih, ada 55,42 persen responden yang sudah menyatakan pilihannya sudah mantap,” ujar Baehaqi Siraj, direktur eksekutif ARC Indonesia. Sedangkan responden yang masih menyatakan mungkin pilihannya berubah sebanyak 40,31 persen.

Baehaqi mengatakan, populasi survei ini adalah warga Surabaya yang sudah mempunyai hak pilih, atau sudah menikah saat dilakukan wawancara. Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sample-nya ada 800 responden dengan margin error kurang lebih 3,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode pengumpulan data pada survei ini adalah responden terpilih yang diwawancarai secara tatap muka, menggunakan kuisioner terstruktur. “Dari data yang terkumpul, kami masih melakukan lagi sejumlah tahap verifikasi,” kata Baehaqi. Pengambilan data ini dilakukan pada 15-27 November 2020. (Baca: BBM Langka, Polisi di Mentawai Rela Antar Jemput Siswa Ikut Ujian Semester).

Di Pilkada Surabaya, ARC Indonesia sudah tiga kali melakukan survei. Dan yang dirilis ini merupakan periode terakhir. Hasil survei terakhir ini, menurut Baehaqi, paling mendekati hasil pilkada nanti. “Ya bisa saja terjadi perubahan, tapi mungkin sangat kecil. Semuanya tergantung bagaimana pasangan MAJU mempertahankan keunggulan ini,” pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)